Wujudkan Kebersihan Lingkungan, Balangan Coal Group dan Warga Lakukan Pembersihan Aliran Sungai

RAMAI: Aktivitas pembersihan sampah di sepanjang aliran sungai di Desa Balida dan Murung Ilung oleh Balangan Coal Group bersama warga - Foto Dok Sri Mulyani


BORNEOTREND.COM- Dalam Rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, Balangan Coal Group melaksanakan kegiatan pembersihan sepanjang aliran sungai di Desa Balida dan Murung Ilung, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan sendiri diikuti oleh 145 peserta yang terdiri dari karyawan Balangan Coal Group, Mitra kerja, masyarakat Desa Murung Ilung dan Desa Balida serta swadaya masyarakat.

Ada pun selama kegiatan berlangsung total sampah yang di bersihkan mencapai 730 Kg

Disela kegiatan, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Laskar Semesta Alam Mahendro mengatakan, kegiatan semacam ini rutin pihaknya laksanakan tiap tahunnya dengan fokus yang berbeda.

"Di tahun ini fokus kita pada polusi sampah plastik sepanjang aliran sungai, serta mencari solusi pada limbah sampah plastik untuk menjaga lingkungan lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat," katanya.


Dipilihnya pembersihan aliran sungai Desa Balida dan Murung Ilung karena sungai ini langsung mengalir ke sungai besar Balangan. Selain itu kedepan aliran sungai ini berpotensi untuk dijadikan objek wisata.

"Makanya kita lakukan kegiatannya disini sembari melakukan sosialisasi aktif oleh perusahaan ke masyarakat agar tidak membuang sampah disepanjang aliran sungai supaya dapat digunakan untuk aktivitas seperti mandi dan mencuci," tambahnya.


BERGERAK: Karyawan Balangan Coal Group saat mengangkut berbagai sampah yang menyumbat sungai - Foto Dok Sri Mulyani

Sementara itu, Kepala Desa Balida Syahridin mengatakan, kegiatan kalin ini wujud kerjasama masyarakat dan Balangan Coal group dalam menjaga lingkungan.

"Dalam kesempatan ini saya juga mengajak masyarakat untuk menjaga sungai dari limbah plastik dan lainnya, agar air sungai tersebut bisa di gunakan dan bermanfaat untuk masyarakat luas," tegasnya.

Tidak berbeda, Kepala Desa Murung Ilung Syahroni juga menambahkan kerjasama dengan pihak Balangan Coal group berjalan dengan baik dengan masyarakat di desanya. Bahkan beberapa kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pihak perusahaan selalu membantu.

"Selain pembersihan aliran sungai, kerjasama dengan pihak perusahaan untuk pengangkutan sampah sepanjang desa Murung Ilung juga sampai hari ini masih dilakukan," tukasnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال