Jelang Idul Adha, 1.019 Ekor Hewan Kurban di HSU Sudah Diperiksa

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian HSU, I Gusti Putu Susila – Foto Dok Fathur


BORNEOTREND.COM- Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2023, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) memeriksa hewan ternak yang ada di Kabupaten HSU agar nantinya bisa digunakan untuk masyarakat berkurban. 

Kepala Dinas Pertanian HSU melalui Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet I Gusti Putu Susila mengatakan, ada 1.019 ribu ekor hewan ternak yang terdiri dari sapi dan kerbau serta kambing yang sudah diperiksa. 

"Jadi upaya ini memastikan hewan ternak tersebut apakah layak disediakan untuk dijadikan hewan kurban," katanya, Senin (19/6/2023). 

Gusti Putu mengaku masih menunggu pengiriman atau pasokan hewan kurban yang belum masuk di daerah dan akan tetap melakukan koordinasi kepada petugas pengumpul terkait agar mereka melaporkan berapa data hewan kurban yang telah masuk.

Dia mengharapkan, kesehatan hewan kurban yang masuk baik-baik saja sampai dilakukan pemotongan nanti. Menurutnya, Distan HSU telah mewaspadai akan adanya penyakit hewan berbahaya. 

"Mudah-mudahan pemotongan hewan kurban di HSU tahun 2023 ini berjalan dengan lancar dan sukses dan ketersediaan hewannya mencukupi," pungkasnya.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال