Tahun Depan, Bupati Zairullah Berencana Naikkan Insentif Ketua RT Menjadi Rp 1,5 Juta

BERI ARAHAN: Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar memberikan arahan kepada para Ketua RT di wilayah Kecamatan Satui – Foto Dok Jack


BORNEOTREND.COM – Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar memiliki rencana untuk menaikkan insentif Ketua Rukun Tetangga (RT) dari yang tadinya sebesar Rp 1 juta bertambah menjadi Rp 1,5 juta.

Rencana ini terungkap dalam pertemuan di Aula Kecamatan Satui, Selasa (23/5/2023) antara orang nomor satu di Bumi Bersujud ini dengan para Ketua RT di wilayah Kecamatan Satui.

“Untuk tahun depan 2024 sebagai tahap awal kita naikan jadi Rp 1,5 juta. Dengan adanya kenaikan ini, BPD, Kades dan aparatnya juga naik, maka pemerintah daerah membutuhkan dana sekian puluh miliar,” katanya.

Abah Bupati menilai, insentif Ketua RT perlu dinaikkan mengingat perannya juga termasuk mensupport kerja Kepala Desa (Kades) yang sama-sama dipilih oleh rakyat.

Dalam pertemuan tersebut, Abah Zairullah juga memberikan arahan kepada Ketua RT untuk melaporkan kondisi wilayahnya kepada Kades.

“RT itu adalah ujung tombak pemerintahan yang senantiasa menjadi acuan kepala desa untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Abah Bupati juga mengingatkan kepada para RT untuk terus mendukung program 1 Desa 1 Mesjid (SDSM) yakni dengan melaporkan kondisi mesjid yang menjadi tempat belajar para anak-anak selama ini.

“Kalau ada kerusakan dengan masjid itu segera dilaporkan lewat Kepala Desa langsung pada Camat atau kepada Sekda hingga Bupati untuk segera diperbaiki. Kalau seisi masjid itu bagus maka para anak lebih nyaman untuk belajar di situ,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Abah Bupati kemudian mengharapakan Kades untuk terus membangun silaturahmi di tengah masyarakat agar suasana tentram sesuai kultur budaya, kerena di wilayah Tanah Bumbu dihuni berbagai suku yang ada di Indonesia.

“Sedangkan tugas RT, di samping mendata jalan jalan rusak dan kondisi sosial masyarakat lainnya, termasuk orang yang tidak mampu dan jangan sampai di wilayahnya ada yang kelaparan, bila itu terjadi maka kita akan menanggung dosanya,” tutup Bupati.

Turut mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu H Ambo Sakka.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال