Sukamta: Petani Harus Tanam Bibit Unggul di Cuaca Ekstrem Sekarang

 

SIMBOLIS: Bupati Tala HM Sukamta saat menghadiri kegiatan MTP di Desa Maluka Baulin Kecamatan Kurau - Foto Dok Prokopim Tala 


BORNEOTREND.COM- Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta meminta para petani di Kabupaten Tala harus menggunakan bibit padi unggul saat melakukan penanaman di kondisi cuaca ekstrem sekarang.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP), Jumat (13/5/2023) di Desa Maluka Baulin, Kecamatan Kurau.

"Melihat cuaca ekstrem seperti sekarang, yang mana terjadi penurunan air yang sangat tinggi akibat cuaca panas yang menyerang Indonesia. Saya berharap para petani di Kabupaten Tala harus menggunakan bibit padi unggul karena bibit lokal tidak memungkinkan ditanam pada cuaca seperti sekarang," ujarnya.


Dirinya pun mengusulkan bahwa petani bisa menanam bibit unggul varietas Cakra Buana yang dapat panen dalam waktu 90 hari.

"Varietas Cakra Buana bisa bertahan sepanjang lahan pertanian masih basah, ini adalah usaha kita untuk menghindari petani kita gagal tanam. Tahun kemarin sudah gagal panen gara-gara tungro, tahun ini jangan sampai gagal tanam. Mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan cuaca ekstrim seperti sekarang," tambahnya. 

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga menjelaskan bahwa program MTP yang dijalankan di pemerintahannya merupakan sarana untuk mempermudah komunikasi antara pejabat dengan masyarakat.

"Makanya pejabat-pejabat kita bawa supaya bisa saling mengenal antara masyarakat dengan pejabat," ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga mengajak Aparatur Pemerintahan Desa dan masyarakat untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

"Iurannya murah cuma Rp 16.800 manfaat yang didapat luar biasa besar. Ada santunan bahkan beasiswa untuk anak yang ditinggalkan yakni biaya sekolah sampai dengan kuliah. Iuran perbulannya lebih murah dari rokok bapak-bapak sebungkus," pungkasnya. 

Usai pembukaan kegiatan MTP Sukamta melaksanakan salat Jum'at berjamaah bersama masyarakat Desa Maluka Baulin sekaligus menjadi khatib. 

Setelah itu Bupati Tala HM Sukamta juga melakukan pertandingan sepakbola melawan Maluka Baulin FC. Sukamta sendiri membela PS Setda Tala dan mencetak tiga buah gol yang mana dua dari gol tersebut berasal dari sundulan orang nomor satu di Kabupaten Tala tersebut. Sampai peluit panjang dibunyikan PS Setda Tala pun unggul 0-5 dari tim tuan rumah.

Sumber: Prokopim Tala

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال