Potensi Cuaca Ekstrem, Walikota Banjarbaru Ingatkan Warga Untuk Waspada

DERAS: Hujan yang mengguyur Kota Banjarbaru belum lama tadi - Foto Dok mediacenter.banjarbarukota.go.id

BORNEOTREND.COM- Badan Meteorologi dan Geofisikan (BMKG) telah mengabarkan potensi cuaca ekstrem di Provinsi Kalsel, berdasarkan kondisi dinamika armosfer masih dilanda cuaca ekstrem disertai dengan angin kencang dari tanggal 24 Februari - 2 Maret 2023 mendatang.

Kabar yang diberikan oleh BMKG tersebut, langsung direspon Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin dengan mengimbau dan meminta kepada masyarakat Kota Banjarbaru agar berhati-hati dan bersiaga apabila hujan deras disertai angin kencang kembali lagi.

“Pihak BPBD Kota Banjarbaru juga kita minta untuk menetapkan status Kota Banjarbaru siaga banjir. Karena curah hujan tinggi masih akan terjadi beberapa hari ke depan,” ujarnya, Jumat (24/2/2023).


Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Syamsudin Noor Karmana mengatakan, saat ini pihaknya masih aktifnya kondisi La Nina rendah yang berdampak pada peningkatan jumlah hujan di Provinsi Kalsel.

“Diprediksi sebagian besar wilayah Kalsel berpotensi terjadi hujan dengan intensitas yang bervariasi. Yaitu, hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai dengan kilat dan angin kencang,” bebernya.

Pihak BMKG juga mengingatkan adanya potensi banjir yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem, di Provinsi Kalsel bagian Barat, Utara dan Selatan. Yakni seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tapin.

Selanjutnya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

“Masyarakat diimbau agar selalu waspada terhadap dampak potensi bencana hidrometeorologi dan terus memperbaharui perkembangan informasi,” tukasnya.

Sumber: mediacenter.banjarbarukota.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال