Mantap, Muara Kintap Satu-Satunya Desa Nelayan Maju di Kalsel

 

SIMBOLIS: Penyerahan bantuan CSR dari perusahaan yang diberikan secara simbolis oleh Bupati Tala HM Sukamta kepada masyarakat di Desa Muara Kintap - Foto Dok Prokopim Tala

BORNEOTREND.COM- Desa Muara Kintap menjadi satu-satunya desa Nelayan Maju di Kalsel yang mendapatkan Sertifikat Kecakapan Nelayan (SKN). 

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta saat melakukan penyerahan SKN untuk nelayan Desa Muara Kintap pada rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP), Jumat (10/2/2023) di Desa Kintapura Kecamatan Kintap, Kabupaten Tala, Provinsi Kalsel.

Dalam sambutannya, Bupati Tala HM Sukamta mengucapkan selamat kepada masyarakat Muara Kintap sebagai satu-satunya desa nelayan maju di Kalsel. Menurutnya pemerintah memberikan penghargaan dan pengakuan bahwa Desa Muara Kintap adalah desa yang sudah maju.

"Saya ucapkan selamat kepada para nelayan Desa Muara Kintap yang sudah mendapatkan SKN dari Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia," ungkapnya.


Menurut dia dengan adanya SKN itu artinya nelayan Muara Kintap sudah mampu menentukan arah navigasi di laut tanpa GPS dan teknik penangkapan ikan yang efisien. Selain itu, para nelayan juga dibekali cara menjaga laut dan mewaspadai keselamatan di laut saat melakukan penangkapan ikan. 

"Kami akan terus melakukan pembinaan dan mendukung para nelayan di Tala agar lebih maju. Selain itu saya juga berharap dengan adanya SKN tersebut dapat menambah kemajuan nelayan di desa lain," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut dilakukan penyerahan seperti penyerahan bibit pohon sebanyak 250 batang, fasilitasi instalasi sumur bor dari PT Arutmin Indonesia Tambang Asam-Asam sebesar Ro50.000.000, fasilitasi pemeriksaan ibu hamil periode 2023 dari PT Arutmin Indonesia Tambang Asam-Asam sebesar Rp102.600.000 dan bantuan dana CSR budidaya ikan lele dari PT Sinar Alam Plantations kepada kelompok Tani Maju Sejahtera sebesar Rp20.000.000.

Sumber: Prokopim Tala

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال