Tahun 2023, Distan HSU Akan Tingkatkan Produksi Padi dan Holtikultura

Kepala Dinas Pertanian HSU, Masrai Syawfajar Nejar - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menargetkan untuk meningkatkan produksi padi, daging buras, ayam kampung, telor serta holtikultura selama tahun 2023. 

Kepala Dinas Pertanian HSU, Masrai Syawfajar Nejar mengatakan, peningkatan produksi padi ini perlu didukung faktor cuaca agar tanaman padi bisa berkembang dan tumbuh dengan baik. 

"Jadi kita sudah juga mengusulkan anggarannya kepada pemerintah dan pemerintah Insya Allah akan memberikan juga bantuan nantinya ada ribuan benih," katanya, Rabu (4/1/2023). 

Ia menambahkan, Distan HSU juga mengembangkan potensi baru berbasis Agrowisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian menjadi objek wisata guna menarik minat wisatawan berkunjung dan sekaligus belajar berkebun.

Lahan pertanian yang akan dikembangkan menjadi Agrowisata salah satunya berada di Desa Tayur Kecamatan Amuntai Utara.

Di tempat ini Kelompok Tani Sari, Desa Tayur, Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten HSU akan menawarkan pengetahuan pengembangan holtikultura semisal menanam cabe rawit, cabe merah besar, terong, nanas, semangka, rambutan, durian, jambu kristal, anggur, bawang merah, pisang, nangka, melon, kelingking, labu, pepaya dan lainnya.

"Ke depannya, kami juga memfokuskan  daerah sekitar lainnya di Desa Tayur untuk holtikultura mudah-mudahan banyak wisatawan yang lain berkunjung di sana," harapnya. 

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال