Sekjen Kemensos Buka Rapimnas Fornas LKSA

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Forum Nasional (Fornas) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) digelar di Hotel Ciputra Jakarta, Sabtu (28/01/2023).

Rapimnas yang mengusug tema “Rapimnas 1 Melahirkan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Yang Profesional dan Mandiri” ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat.

Harry Hikmat dalam sambutannya menjelaskan, awal kehadiran LKSA adalah berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada anak yatim di seluruh Indonesia, selain juga bagi anak terlantar dan kebutuhan khusus. 

Forum itu juga, ujarnya, merupakan wujud nyata peran masyarakat dan menjadi mitra pemerintah dalam memuliakan anak yatim.

Dia mengatakan, Fornas LKSA dengan pondasi awalnya sebagai lembaga kemanusiaan tentu tidak bisa berjalan sendiri. Karena itu penting untuk terus membangun jejaring kerja, terutama pemerintah melalui Kemenko PMK, Kementerian Sosial, Kementerian PPPA, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan.

“Dengan membangun kerjasama program lintas sektor dan saling sharing sumberdaya, maka akan tercapai penguatan organisasi. Karena tersedia sumberdaya dengan berbagai potensi yang bisa hadir dan saling berbagi berbagi pengalaman,” sebutnya.

Dia juga berpesan agar Fornas LKSA bisa mengikuti perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini. Dengan arus informasi yang cepat saat ini, juga memerlukan respon yang segera. Dan keberhasilan dalam mengayomi anak yatim di Indonesia menjadi esensi dari forum yang menjadi wadah pertukaran informasi tersebut.

Terakhir, Harry meminta agar Fornas LKSA bisa ikut aktif terlibat dalam memberikan saran masukan dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang kesejahteraan ibu dan anak yang sedang digodok pemerintah. Karena itu adalah kesempatan yang baik untuk memasukan pemikiran strategis untuk perlindungan dan kasih sayang bagi anak yatim di Indonesia.

Rapimnas Fornas LKSA dihadiri Ketua Umum Fornas LKSA, Abah Zairullah Azhar, perwakilan dari Pimpinan Forum Wilayah LKSA dari seluruh Provinsi di Indonesia, serta turut dihadiri perwakilanan Kemenko PMK, Kementerian PPPA da Bappenas RI.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال