Jurnalis Tanbu Bersama Lazis Asfa Sukses Bina UKM Tanbu

SERAHKAN BANTUAN: Mantan Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor menyerahkan bantuan kepada salah seorang pelaku UKM di Tanah Bumbu – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – 10 orang jurnalis di Kabupaten Tanah Bumbu yang tergabung dalam group PJ13, sukses melakukan pembinaan kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Mereka melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang perlu bantuan untuk meninggalkan jerat kemiskinan dan terjun sebagai pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di beberapa desa yang tersebar Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam melakukan pembinaan UKM ini, para jurnalis bekerjasama dengan Lazis Assalam Fil Al-Amin (Asfa) Kalimantan Selatan yang diketuai H Sudian Noor.

Selain pembinaan, jurnalis ini juga memberikan bantuan kepada 10 UKM binaannya berupa modal usaha sebesar Rp 5 juta yang diserahkan langsung Oleh H Sudian Noor didampingi jurnalis bersangkutan.

Penyerahan bantuan modal usaha tersebut diserahkan di dua tempat yakni di Kantor Lazis Asfa di Simpang Empat dan di Lembaga Pendidikan Darul Fatihah Kusan Hilir.

Bantuan modal usaha tersebut diserahkan kepada pelaku warung sembako, warung makan dan mie, pedagang ayam goreng kentucky, pedagang pentol, olahan jamu, pengolahan kerupuk ikan hingga ternak ayam dan kue kering.

Selain itu, juga ada pemberian bantuan Lazis Asfa kepada dua orang guru Tahfiz yang belum terakomodir di Darul Fatihah.

H Sudian Noor mengatakan, kehadiran Lazis Asfa ini sebagai upaya membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Yang mana Lazis Asfa sama dengan Lembaga Amil Zakat Islam yang mengelola zakat untuk disalurkan ke masyarakat.

“Kita bekerjasama dengan jurnalis PJ13 Tanbu untuk melakukan pembinaan kepada pelaku UKM yang perlu dibantu untuk bangkit dari keterpurukan,” katanya.

Berkat teman dari jurnalis ini pula, Lazis Asfa berhasil membina UKM dan berkelanjutan untuk bersama-sama membantu pemerintah untuk mengurangi kemiskinan khususnya di wilayah tugas masing-masing.

“Ini tidak hanya pada UKM dan guru Tahfiz, tetapi banyak bidang lain dengan konsentrasi utama adalah mengentaskan kemiskinan dan penanganan stunting,” sebutnya. 

Sementara salah satu pelaku UKM binaan Lazis Asfa, Goiman warga Desa Sidomulyo RT 1 RW 2, Kecamatan Mantewe sangat bersyukur dengan adanya bantuan Lazis Assalam Fil Al-Amin (Asfa) yang diberikan langsung oleh mantan Bupati H Sudianor.

“Semoga bantuan ini menjadi amal ibadah bagi beliau terkhusus Lazis Assalam Fil Al-Amin (Asfa) di Tanah Bumbu menjadi bangkit membina UKM  dalam mengembangkan usaha ternak ayam kampung,” katanya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال