Hadapi Krisis Ekonomi dan Pangan, Paman Birin Ajak Pemkab Batola Tingkatkan Produktifitas Hasil Pertanian

HADIR: Paman Birin beserta isteri saat menghadiri Harjad Kabupaten Batola ke-63 tahun di Kota Marabahan - Foto Abdi Persada FM

BORNEOTREND.COM- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengajak seluruh pihak yang ada di Kabupaten Barito Kuala (Batola) untuk dapat berkolaborasi dalam meningkatkan produktifitas hasil pertaniannya.

Hal ini bagi Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor penting, mengingat saat ini ancaman krisis ekonomi dan pangan pada tahun 2023 ini semakin jelas dan sudah berada di depan mata.

Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Batola ke-63 tahun, Kamis (5/1/2023) lalu di Kota Marabahan, Kabupaten Batola, Provinsi Kalsel.

“Ini gejala-gejalanya sudah mulai dirasakan menjelang akhir tahun 2022 lalu, salah satunya kenaikan beberapa komoditas produk pangan yang cukup tinggi, seperti kenaikan harga beras Siam dan sejenisnya. Karena itulah hal ini perlu kita sikapi bersama dan antisipasi mulai dari sekarang dengan cara meningkatkan produktifitas hasil pertanian di wilayah yang menjadi lumbung pertanian Kalsel, termasuk Kabupaten Batola,” tegasnya.


Dalam mendorong meningkatnya hasil produktifitas pertanian di Kabupaten Batola sendiri tentunya dapat dilakukan membentuk berbagai program dan inovasi di bidang pertanian.

“Kami Pemprov Kalsel tentunya siap berkolaborasi untuk mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Batola. Ayo kita gelorakan semangat membangun, demi mewujudkan Barito Kuala BISA (Berdaya saing, Inspiratif, Sportif dan Amanah),” timpalnya lagi.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel H Supian HK menambahkan, momentum Hari Jadi Kabupaten Batola ke-63 tahun kali ini diharapkannya dapat mendorong pemerintahan Kabupaten Batola dapat bergerak seperti pada tema tahun ini yaitu Barito Kuala bisa berdaya saing, inspiratif, sportif dan Amanah.

“Mari kita gelorakan semangat membangun demi mewujudkan Batola BISA. Mari kita bulatkan tekad untuk terus bergerak maju dalam membangun daerah berkelanjutan.” ajak Politisi Senior Partai Golkar tersebut.

Dilain pihak, Penjabat (Pj) Bupati Batola Mujiyat menyebutkan, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batola semakin merasakan nikmatnya hasil-hasil pembangunan yang merupakan buah dari kerja keras masyarakat bersama pemerintah.

Hal ini membuktikan bahwa harmonisasi hubungan baik pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Dukungan dari segenap masyarakat tersebut menjadi salah satu faktor penyemangat dan motivasi dalam melaksanakan amanah.

“Saya akan terus berupaya untuk mewujudkan serta senantiasa memfasilitasi keinginan masyarakat agar masyarakat semakin makmur dan sejahtera,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, peringatan hari jadi Kabupaten Batola ditutup dengan tausiah oleh KH Wildan Salman yang mengajak semua pihak, agar tidak lupa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. 

Sumber: kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال