Abdul Kadir Tappa: Kaltim Perlu Percepatan Kualitas Pendidikan

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Kaltim Abdul Kadir - Foto Dok Agustina

BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Abdul Kadir Tappa mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim harus melakukan percepatan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, guna mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal yang unggul dalam menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Mulai dari sekarang, Kaltim harus berakselerasi guna percepatan dalam meningkatkan SDM, jangan sampai kompetensi SDM kaltim kalah jauh dengan penduduk yanng datang dari luar Kaltim," ungkap dia.


Dikemukakannya, dengan pemindahan ibu kota negara ke wilayah Provinsi Katim, menjadi peluang sekaligus tantangan yang mesti dihadapi, salah satunya yaitu migrasi besar penduduk luar masuk ke Provinsi Kaltim.

Karena itulah ingatnya upaya peningkatan SDM melalui pendidikan harus dikebut mulai sedari sekarang, karena tentunya akan ada jutaan penduduk yang datang.

"Banyaknya penduduk yang masuk akan berdampak pada penyempitan ruang gerak masyarakat lokal. Karena itulah kompetensi warga Kaltim tidak diupayakan dari sekarang melalui peningkatan kualitas pendidikan," tambahnya.

Ia memaparkan, dengan upaya percepatan kinerja premprov di sektor pendidikan, kesiapan masyarakat lokal menghadapi tantangan IKN Nusantara tentu akan lebih matang.

"Karena itulah mulai dari sekarang harus ada lompatan atau akselerasi dalam peengelolaan sektor pendidikan, termasuk diantaranya mengembangkan sarana dan prasarana satuan pendidikan di Provinsi Kaltim, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi," timpalnya lagi.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال