Wisata Aman dan Nyaman Dengan Akses Jalan Yang Memadai

 

Bupati Tala HM Sukamta saat memberikan sambutan pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) Bamalam di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin.
(Foto: Prokopim Tala)

BORNEOTREND.COM - Tingginya perhatian pemerintah daerah terhadap akses jalan menuju wisata ditambah dengan masyarakatnya yang sudah paham dan sadar untuk mendorong pertumbuhan aset wisata membuat wisata alam Air Terjun Bajuin dan sekitarnya menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk dikunjungi. 

Hal tersebut sampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta, saat membuka kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) Bamalam di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin, Jumat (9/12/2022).

“Saat ini wisata yang ada di Bajuin terus berkembang dengan baik dan sudah tidak ada lagi terdengar hal-hal yang tidak diinginkan ketika wisatawan berkunjung, sehingga harus ditunjang dengan akses jalan yang baik pula,” tutur Sukamta.

Ia menuturkan, Kabupaten Tala mempunyai keunggulan yaitu disektor pariwisata yang dapat dibilang paket lengkap karena terdiri dari wisata laut dan pegunungan. Ini menjadi modal besar kedepannya untuk seluruh masyarakat membangun perekonomian di Bumi Tuntung Pandang ini.

“Tala menjadi tujuan wisata karena banyaknya pilihan wisata, masyarakat juga harus paham betul bagaimana menjaga dan membuat pengunjung merasa aman sehingga mereka merekomendasikan wisata Tala,” ungkapnya.

Sukamta berharap, kepada seluruh kepala desa yang berhadir, Bajuin sudah mempunyai induk/tujuan utama wisata yang menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung. Silakan, para kepala desa untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desanya masing-masing, tidak usah wisata yang berat namun dapat dikatakan unik sehingga menarik minat orang untuk mendatangi dan berswafoto.

“Kembangkan wisata yang ada di sekitar Bajuin, ciptakan wisata unik dan murah agar banyak wisatawan yang ingin berkunjung sehingga Tala selalu menjadi tempat tujuan wisata yang pastinya berdampak besar bagi pelaku UMKM,” harapnya.

Dalam kesempatan ini Sukamta, juga berpesan agar secepatnya menyelesaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan jangan menunda-nunda pekerjaan sehingga dapat segera direalisasikan supaya masyarakat bisa segera menikmati duit yang pemerintah dasa belanjakan.

“Jangan menunda-nunda pekerjaan, segerakan saja supaya masyatakat dapat menikmati hasil dari anggaran pemerintah desa dan jangan lupa untuk menyelesaikan APBDes Tahun Anggaran 2022,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini juga diserahkan program bedah rumah oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) berupa peningkatan rumah sederhana dengan dua jenis kegiatan yaitu peningkatan kualitas dan pembangunan baru yang bersumber dari dana APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang mana masing-masing bernilai Rp 20 juta dan Rp 35 juta, penyerahan tropy Lomba Kreasi dan Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten Tala yang diterima oleh Sumiran (alat pendeteksi banjir multi bahasa) Desa Gunung Makmur sebagai juara satu. 

Juara dua diraih oleh Mathrokan (alat pemotong/pengiris ban) Desa Pandan Sari Kecamatan Kintap dan juara ketiga diraih Fadli (alat pembuat kawat pancing) Desa Handil Birayang Bawah, Penyerahan SK Bupati Tala tentang penetapan Kecamatan Bajuin sebagai Kampung Keluarga Berkualitas (KB) oleh Dinas P2KBP3A Tala serta penyerahan bibit pohon durian dan alpukat.

Sumber: Prokopim Tala


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال