Sambut HAB ke-77, Kemenag HSU Laksanakan Salat Hajat

SALAT HAJAT: Dr KH Saberan Affandi menjadi imam dalam salat hajat menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 tahun 2022 di Mesjid Sabilal Muttaqin

BORNEOTREND.COM - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan salat hajat dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 tahun 2022 di Mesjid Sabilal Muttaqin, belum lama tadi.

Penjabat (Pj) Bupati HSU, Raden Suria Fadliansyah mengatakan, peringatan HAB ke-77 jadi momentum sinergi dan bahu membahu untuk membangun HSU dalam bidang keagamaan serta pembinaan mental bagi generasi.

“Kita berharap apa yang nanti bisa diberikan dari Kemenag dengan tangan terbuka akan kita terima dan mudah-mudahan nanti setelah kegiatan ini ada kegiatan lain yang bisa bersama-sama untuk sharing atau bertukar pikiran guna membangun Kabupaten HSU ke depannya," katanya.

Suria mengharapkan, ke depannya juga akan dilaksanakan pertemuan khusus dengan tenaga pendidik di bidang keagamaan tentang pentingnya pembinaan akhlak, budi pekerti dan prilaku bagi para anak didik.

"Oleh karenanya, kita menyadari bahwa dunia pendidikan sudah tergerus oleh suasana Covid-19 yang mengakibatkan tidak adanya pertemuan tatap muka di sekolah dan ini mengurangi prilaku baik empati dan toleransi kepada sesama karena terbatasnya berbagai kegiatan. Dengan landainya Covid-19 ini juga kita berharap bahwa pentingnya pembinaan akhlak oleh pendidikan agama semakin ditingkatkan," ungkapnya.

Kepala Kankemenag HSU, Ahmad Rusyadi menuturkan, peringatan HAB ke-77 dijadikan refleksi, evaluasi dan introspeksi bersama terkait program-program yang telah dilaksanakan di tahun 2022.

"Memang ada raihan penghargaan yang didapatkan oleh Kementerian Agama, di awal tahun kemaren kita mendapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan untuk tahun 2021. Semoga di tahun selanjutnya kita kembali dapat mempertahankan predikat tersebut," tuturnya.

Ia menyebutkan, berbagai prestasi ataupun penghargaan telah diraih Kemenag, salah satunya pembina layanan yang memuaskan kepada masyarakat, pengelolaan kinerja, pengelolaan website hingga media massa terbaik.

“Maka dari itu, harapan kita semua ke depannya itu agar sama-sama menjaga kebijakan menteri agama tersebut untuk dapat dipertahankan dan menjadi lebih baik lagi yang tentunya tidak terlepas dari usaha serta doa kita semua dan para alim ulama, sesuai dengan fungsi agama dan fungsi pendidikan," tukasnya.

Kegiatan ini juga turut diikuti jajaran keluarga besar Kemenag HSU, para tokoh alim ulama dan kehadiran Penjabat (Pj) Bupati HSU diawali dengan tadarus Al-Qur’an, dilanjutkan sholat hajat yang diimami oleh Dr KH Saberan Affandi, kemudian pembacaan shalawat serta ditutup dengan doa bersama. 

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال