Pemkab Tanbu Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Sekaligus Pelepasan Kontingen Atlet Porprov XI

LEPAS KONTINGEN: Asisten III Bidang Administrasi Umum Tanah Bumbu Andi Aminuddin melepas Kontingen Atlet Porprov XI Tanah Bumbu yang akan berlaga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Apel peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di halaman kantor Bupati, Jumat (28/10/2022).

Apel peringatan hari sumpah pemuda dipimpin langsung oleh Asisten II Bidang Administrasi Umum Andi Aminuddin dan diikuti oleh seluruh pejabat, Forkopimda, organiasi kepemudaan dan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Kegiatan Apel peringatan Sumpah pemuda diawali dengan pembacaan teks Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Ristianto.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI dalam amanatnya yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Tanah Bumbu Andi Aminuddin menyampaikan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Asisten III menjelaskan tema “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan karena dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi Aminudin menyatakan jika melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” bebernya.

Oleh sebab itu, dia mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

“Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial, pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Asisten III juga melakukan pelepasan Kontingen Atlet Porprov XI Tanah Bumbu menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan menyerahkan bantuan BPJS kepada atlet dan ofisial.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga menyerahkan bantuan hibah kepada 7 perkumpulan seni adat dan budaya yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال