Wah, Perwakilan Barsel Ikuti Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional

 

KOMPETISI: Ilham dari Kabupaten Barsel saat mengikuti lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat nasional - Foto Nett 


BORNEOTREND.COM- Pembuat alat pembersih rotan asal Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Ihram, mengikuti lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat nasional.

"Alat ini dalam upaya meningkatkan hasil produksi, menghemat waktu dan tenaga dalam membersihkan rotan atau meruntih rotan," katanya, Selasa (20/9/2022).

 

Dia mengatakan, rotan yang biasanya dibersihkan secara manual hanya mampu mencapai sebanyak 300 kilogram dan dengan menggunakan alat ini, rotan yang dibersihkan dalam setiap harinya mampu mencapai hingga satu ton.

Menurutnya untuk membersihkan satu potong rotan yang panjangnya sekitar 10 meter memerlukan waktu kurang dari lima menit.

"Sedangkan bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan untuk membersihkan satu ton rotan itu sebanyak kurang lebih dua liter," terangnya.

Menurut dia dengan menggunakan alat ini, sangat menghemat waktu dan tenaga. Rotan yang dibersihkan jauh lebih banyak dibandingkan menggunakan tenaga manusia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barsel Selviriyatmi menyampaikan, sebelumnya pembuat alat pembersih rotan atau peruntih rotan ini mewakili Barsel mengikuti lomba tingkat provinsi beberapa waktu lalu.

"Pada lomba tingkat provinsi tersebut, alat peruntih rotan itu berhasil meraih juara pertama, sehingga mewakili Kalteng untuk mengikuti lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat nasional," bebernya.

Untuk pelaksanaan lomba tingkat nasional tersebut menggunakan sistem daring atau virtual dari DSPMD Barsel pada hari ini.

Dirinya juga mengatakan, pihaknya ke depan akan bersinergi membantu Ihram dalam pembuatan alat tersebut dengan membeli bahan-bahan yang baru.

"Karena, alat yang digunakan Ihram dalam membuat mesin pembersih rotan menggunakan peralatan bekas semua," tuturnya.

Selain itu ia juga menyampaikan, setelah kegiatan lomba ini, pihaknya akan mengikuti gelar teknologi di Bandung, Jawa Barat dan Kabupaten Barsel akan mengikuti pameran dalam kegiatan itu.

"Kita nantinya juga akan membantu mendaftarkan hak cipta kekayaan intelektual alat pembersih rotan pak Ihram ini," tukasnya.

Sumber: kalteng.antaranews.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال