Polsubsektor Akan Dibentuk di Kecamatan Paringin Selatan

SAMBUTAN KEDATANGAN TIM: Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK menyambut Ketua Tim Studi Kelayakan dari Biro Rena Polda Kalsel AKBP Danang Widaryanto SIK yang datang untuk melakukan studi kelayakan pembangunan Polsubsektor di Kecamatan Paringin Selatan – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Kepolisian Sub Sektor (Posubsektor) di Kecamatan Paringin Selatan akan dibentuk dan kantornya akan dibangun di samping Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan, Kelurahan Batu Piring.

Hal ini terungkap saat tim Biro Rena Polda Kalsel datang ke lokasi untuk melakukan studi kelayakan, Selasa (27/9/2022).

Ketua Tim Studi Kelayakan dari Biro Rena Polda Kalsel, AKBP Danang Widaryanto SIK menjelaskan, kegiatan studi kelayakan itu digelar untuk mengetahui layak atau tidaknya lokasi yang akan dibangun.

"Kita bersaing dengan 2.000 lebih pengajuan dari daerah lain. Kita maksimalkan tampilan ke Mabes Polri untuk diseleksi dan diajukan ke Menpan RB," jelas AKBP Danang.

Menurutnya, kesiapan lahan dan kantor sangat membantu sekali dalam pengkajian agar disetujui.

AKBP Danang menegaskan, Polsebsektor adalah embrio kepolisian, sebagai bahan yang kuat guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Terima kasih buat Bupati dan pemerintah daerah yang siap memfasilitasi sarana dan prasarana terbentuknya Polsubsektor ke depan," terangnya.

Pihaknya berharap, Polsubsektor segera terwujud sehingga masyarakat terayomi, terlayani dengan baik serta situasi kondusif.

CEK LOKASI: Tim Studi Kelayakan dari Biro Rena Polda Kalsel melihat langsung lokasi yang akan dibangun Polsubsektor Paringin Selatan - Foto Dok

Sementara itu, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK saat mendampingi kegiatan studi kelayakan Polsubsektor Paringin Selatan menjelaskan, pembentukan Polsubsektor Paringin Selatan ini tidak hanya hajatan Polres Balangan tetapi juga untuk masyarakat Kabupaten Balangan secara menyeluruh.

"Harapan kami dari Polres Balangan dan juga Bupati, melalui studi kelayakan ini, pembentukan Polsubsektor dapat disetujui oleh pemerintah pusat," ungkapnya kepada tim Biro Rena Polda Kalsel.

Usai studi kelayakan, kegiatan dilanjutkan dengan dialog interaktif dari tamu undangan, Camat Paringin Selatan, Kepala KUA, tokoh agama serta kepala desa.

Dalam dialog, semuanya berharap proses pembangunan Polsubsektor Paringin Selatan segera terealisasi sehingga pelayanan dapat diberikan kepada masyarakat sekaligus memaksimalkan kelancaran kegiatan dan stabilitas keamanan di wilayah ini.

"Dengan terbangunnya Polsubsektor ke depannya menjadikan keterpaduan antara Kepolisian, TNI dan Pemda semakin erat, mengingat Kecamatan Paringin Selatan yang terdiri dari 15 desa dan 1 kelurahan tentunya dapat memberikan pelayanan dan stabilitas Kamtibmas," papar Camat Paringin Selatan, Renny Yudithesia. 

Ketua KUA Paringin Selatan, Akhmad Zupri menambahkan, selama ini sudah terjalin kerja sama yang baik antara KUA dan kepolisian seperti LKB, sengketa warisan, dan pihaknya sangat mendukung terbentuknya Polsubsektor ini.

"Ini yang kami harapkan, dengan adanya kantor ini dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat luas," imbuhnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال