Lantik 5 Penjabat Kepala Desa Persiapan, Bupati Tanbu: Hakikatnya Pejabat Sebagai Pelayan Masyarakat

PELANTIKAN: Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar melantik 5 Penjabat Kepala Desa Persiapan – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar berpesan kepada Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk melaksanakan tugas dan fungsi dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

Pesan ini disampaikan orang nomor satu di Bumi Bersujud ini usai melantik 5 orang Penjabat (Pj) Kepala Desa persiapan di Ruang Rapat Bersujud Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (26/09/2022).

Mereka yang dilantik adalah Pj Kepala Desa Persiapan Bumisari di Kecamatan Mantewe, Desa Persiapan Sungai Danau Raya, Desa Berkah Bersama dan Desa Perintis Bersujud di Kecamatan Satui serta Desa Persiapan Anugerah Sejahtera di Kecamatan Karang Bintang.

“Kunci keberhasilan sebuah pembangunan tergantung dari seberapa banyak yang ikut memikirkan, yang mau ikut berjuang. Prinsip kita di Tanah Bumbu hakikatnya adalah pejabat sebagai pelayan masyarakat,” katanya.

Selain melantik Pj Kepala Desa, Abah Bupati juga melantik Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Saring Sungai Bubu, Satiung, Manurung dan Mekar Jaya di Kecamatan Kusan Tengah serta Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi Pj Kepala Desa Persiapan beserta perangkat dan anggota BPD merupakan bagian dari proses penataan dan dinamisasi pada tata kelola Pemerintahan Desa sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang penataan desa.

Pelantikan ini bertujuan untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan Pemerintahan Desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tata kelola Pemerintahan Desa dan meningkatkan daya saing Desa.

Dasar kegiatan pelantikan ini adalah Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor 188.46/379/DPMD/2022 Tentang Pengangkatan Pejabat Kepala Desa Persiapan Dalam Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

“Untuk itu, harapan Pemerintah Daerah dari adanya peresmian dan pelantikan Pj Kepala Desa Persiapan dan anggota BPD ini, agar dapat mempermudah pelayanaan masyarakat, serta pemerataan pembangunan di setiap Desa,” ucap Bupati Abah Zairullah Azhar di hadapan Anggota DPRD Kabupaten Tanbu, para pejabat lingkup Pemkab Tanbu, Komite Percepatan Pembangunan Daerah, Camat, para Kepala Desa, Perangkat Desa bersama BPD dan tamu undangan yang hadir.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال