Karyawan RSUD Balangan Laksanakan Simulasi Code Blue Penanganan Pasien Gawat Darurat

SIMULASI: Petugas medis RSUD Balangan melakukan simulasi penanganan pasien gawat darurat di loby rumah sakit - Foto Dok


BORNEOTREND.COM -  Seluruh karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan mengikuti simulasi Code Blue di Lobby RSUD Balangan, Jumat (16/9/2022). 

"Kegiatan ini sifatnya wajib yang tujuannya adalah dalam rangka mendukung kegiatan akreditasi rumah sakit versi tahun 2022 yang akan dilaksanakan di bulan Desember mendatang. Oleh karena itu rumah sakit melakukan kegiatan ini untuk mendukung bahwa menjamin akan keselamatan pasien, bila terjadi gagal nafas secara mendadak khusus di rumah sakit atau di luar rumah sakit,” kata Direktur RSUD Balangan, drg Sudirman.

Umumnya, lanjut dia, kegiatan ini dikenal dengan BHD atau Bantuan Hidup Dasar yang harus dan wajib diikuti. Kegiatan ini dilakukan untuk mereview kembali pelaksanaannya dengan cara dilombakan.

“Hasil pelatihan yang dilakukan tanggal 5 sampai sekarang adalah puncak evaluasi-evaluasi bahwa bagaimana materi BHD yang telah diberikan oleh tim mampu diserap dan mampu diaplikasikan oleh semua dengan cara melakukan yang demikian tadi juga sifatnya wajib sehingga kegiatan BHD ini sifatnya wajib,” lanjutnya. 

Sebagai informasi, Code Blue adalah salah satu kode gawat darurat di rumah sakit. Kode ini menandakan bahwa ada pasien yang mengalami henti jantung atau gagal napas dan perlu segera mendapatkan pertolongan.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال