Karyawan RSUD Balangan Antisipasi Musibah Kebakaran Dengan Memperagakan Simulasi Code Red

SIMULASI: Karyawan RSUD Balangan mengevakuasi pasien dalam kegiatan simulasi Code Red mengantisipasi musibah kebakaran di rumah sakit - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Sebanyak 15 kelompok atau ruangan memperagakan simulasi Code Red di Lobby RSUD Balangan, Jumat (23/9/2022). 

Code red atau kode merah adalah kode emergensi untuk kondisi kebakaran yang membutuhkan kesiapan dan kesigapan petugas untuk memadamkan api, mengevakuasi pasien, alat kesehatan, dokumen, dan lain-lain. 

Direktur RSUD Balangan drg Sudirman melalui Kepala Bidang Keperawatan dan Kebidanan RSUD Balangan, Hj Ninsi Noveta Yuliati menyampaikan simulasi ini adalah bagian penilaian menuju akreditasi rumah sakit

“Ada elemen penilaian pada manajemen fasilitas kesehatan bahwa semua karyawan rumah sakit mengerti dan bisa melakukan aktivasi kode red, jadi kalau terjadi kebakaran, tindakan pertama untuk mengantisipasi kebakaran dalam ruangan itu bisa dilakukan sehingga tidak menimbulkan kepanikan baik kepada karyawan dan pasien,” terangnya. 

Dia menambahkan, simulasi Code Red ini diikuti sebanyak 15 ruangan yang ada di RSUD Balangan dan ini menjadi item penting untuk akreditasi.

"Dimana kode red merupakan bentuk penanganan apabila lingkungan sedang dalam darurat,” ujarnya. 

Hj Ninsi berharap melalui simulasi ini karyawan RSUD Balangan bisa terpacu belajar dan paham langkah aktivitasi kode red.

“Harapannya semoga tidak terjadi kebakaran dan apabila terjadi mudahan-mudahan kawan-kawan di lapangan sudah siap dan tidak panik,” tutupnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال