Hujan Deras, 33 Rumah di Desa Damar Indah Terendam Banjir

TERENDAM AIR: Jalan Provinsi di Kecamatan Sungai Loban terendam air akibat sungai meluap setelah diguyur hujan selama dua hari - Foto Dok


BORNEOTREND.COM – 33 rumah di Desa Damar Indah, Kecamatan Sungai Loban terendam banjir akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut sejak Jumat (23/9/2022) hingga Sabtu (24/9/2022).

"Curah hujan tinggi menyebabkan meluapnya sungai di daerah itu hingga merendam rumah warga," ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu, Sulhadi, Sabtu (24/9/2022).

Dia mengatakan, wilayah yang terendam itu berada di RT 01 Desa Damar Indah dengan ketinggian air ± mencapai 1 meter di perumahan warga.

“Ada 33 rumah warga yang terendam, dengan jumlah korban yang terdampak di Desa Damar Indah sebanyak 33 kepala keluarga atau 109 Jiwa," ujarnya.

Tak hanya Desa Damar Indah, banjir juga melanda di Desa Sari Mulya. Di tempat ini sebanyak 9 kepala keluarga atau 36 jiwa terdampak banjir.

Selain itu, genangan air juga sempat menyebabkan terganggunya arus transportasi yang melintas di Jalan Provinsi. Namun saat ini sudah bisa dilalui dengan lancar.

Adapun pihak Kecamatan dan unsur Desa terus melakukan pemantauan kepada warganya yang terdampak banjir, dan ada sebagian warga yang mengungsi ke rumah keluarga masing-masing.

Dia menambahkan, di Desa Damar Indah juga telah didirikan posko banjir  serta dapur umum dari swadaya Desa.

BPBD bersama TNI, Polri, Kecamatan dan Desa terus melakukan pemantauan dan verifikasi data serta kordinasi dengan perangkat terkait lainnya.

Kemudian BPBD turut menyalurkan bantuan sembako untuk dapur umum yang didirikan, serta menyiapkan perahu karet untuk mengantisipasi apabila ada warga yang perlu dievakuasi.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال