Cegah Stunting dan Rawan Pangan, TP PKK Balangan Gelar Lomba Masak Serba Ikan dan Menu Makanan B2SA Berbahan Pangan Lokal

LOMBA OLAHAN MAKANAN: Ketua PKK Balangan, Hj Sri Huriyati Hadi didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan Ir Tuhalus melihat langsung beragam olahan makanan pada Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) dan Lomba menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) dari bahan pangan lokal - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Balangan menggelar Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) dan Lomba menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) berbahan pangan lokal di Aula Mayang Maurai, Senin (26/8/2022).

Lomba ini digelar untuk mencegah stunting dan rawan pangan sesuai dengan tema "Ayo Makan Ikan, Lawan Stunting, Cegah Rawan Pangan".

Selain PKK Balangan, kegiatan ini turut diselenggarakan pula oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan.

Ketua PKK Balangan, Hj Sri Huriyati Hadi menjelaskan kegiatan ini diikuti seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan, yang mana nantinya pemenang akan diikutsertakan pada lomba tingkat Provinsi Kalsel untuk mewakili Kabupaten Balangan.

Ke depannya, Ketua PKK berharap pengurus PKK tingkat kecamatan bisa mensosialisasikan lagi kepada masyarakat di desa bagaimana cara mengolah ikan dan bahan pangan lokal secara baik dan aman, biar gizinya tidak terbuang dan aman bagi tubuh setelah mengikuti lomba ini.

"Banyak pekarangan rumah kita yang bisa kita gunakan untuk menanam sayur-sayur. Terlebih lagi itu lebih sehat dan terjamin untuk dikonsumsi buat keluarga kita sendiri. Ibu-ibu atau bapak-bapak sekarang harus pintar-pintar dalam memanfaatkan pekarangan rumah sehingga menjadi lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan keluarga," katanya.

Hj Sri mengatakan, kegiatan lomba ini dilaksanakan agar ibu-ibu bisa mengolah ikan dan bahan pangan lokal dari ubi-ubian agar menjadi lebih variatif. Tidak langsung dimakan, tetapi dikreasikan lagi dalam penyajian untuk makanan keluarga biar tidak monoton makan langsung ikan atau ubi-ubian.

"Terlebih lagi, banyak yang bisa kita buat dari olahan ikan itu sendiri seperti nugget atau yang lainnya. Atau dari ubi-ubian yang contoh olahannya seperti stik ubi dimana menu ini biasanya kita konsumsi setiap harinya," katanya lagi.

Sri Hadi juga sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini karena menjadi salah satu cara untuk mencegah stunting di Kabupaten Balangan.

Di tempat yang sama, Kepala DKP3 Balangan, Ir Tuhalus MP menjelaskan bahwa lomba LMSI dan B2SA ini menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan di tiap tahunnya.

Tuhalus mengatakan, Kabupaten Balangan merupakan penghasil ikan dan ubi-ubian yang lumayan banyak, namun bahan pangan tersebut tidak akan dikonsumsi oleh masyarakat kalau tidak diolah menjadi menu beragam, bergizi, seimbang dan aman.

"Dalam lomba ini kita memanfaatkan bahan-bahan pangan yang ada di Kabupaten Balangan untuk diolah menjadi makanan yang lebih bervariasi dan bisa dinikmati di setiap harinya," jelasnya.

Ke depannya, Ir Tuhalus berharap dengan adanya kegiatan ini, olahan makanan ikan dan ubi-ubian yang dibuat para ibu lebih bervariasi biar anak-anaknya lebih suka mengonsumsi secara langsung atau dijadikan olah-olahan yang menarik.

"Ini mungkin salah satu cara kita untuk menurunkan stunting yang ada di Kabupaten Balangan dengan menu-menu olahan tersebut, masak serba ikan serta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman," ujarnya.

Adapun pemenang dalam lomba masak serba ikan dari menu kudapan yakni Kecamatan Awayan, Kecamatan Paringin Selatan dan Kecamatan Lampihong.

Sedangkan untuk menu balita dimenangkan oleh Kecamatan Paringin, Kecamatan Awayan dan Kecamatan Halong.

Untuk menu keluarga dimenangkan Kecamatan Paringin, Kecamatan Paringin Selatan dan Kecamatan Juai.

Sedangkan Juara Umum dalam lomba ini adalah Kecamatan Paringin dan Juara Favorit Kecamatan Paringin Selatan.

Pemenang lomba menu B2SA

1. Kecamatan Paringin Selatan

2. Kecamatan Batumandi

3. Kecamatan Lampihong


- Juara kategori menu makan pagi terbaik: Kecamatan Paringin Selatan

- Juara kategori menu lunch box terbaik: Kecamatan Paringin Selatan

- Juara kategori menu kudapan terbaik: Kecamatan Paringin

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال