Balikpapan Bakal Bangun Kebun Induk Buah-Buahan Lokal

KEBUN INDUK BUAH LOKAL: Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan menyiapkan pembangunan kebun induk buah-buahan lokal dengan menggandeng Kebun Raya Balikpapan - Foto Net.


BORNEOTREND.COM - Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan menyiapkan pembangunan kebun induk buah-buahan lokal dengan menggandeng Kebun Raya Balikpapan.

Kepala DP3 Kota Balikpapan Heria Prisni menyatakan saat ini pihaknya telah menyelesaikan kajian ilmiah yang dibuktikan dengan naskah akademis terhadap lahan seluas 5 hektare.


“Tahap pertama di 2023 pembersihan lahan dan baru sebatas bibit ada, maka kami sambil tanam,” ujarnya di Aula Kantor Balai Kota Balikpapan, Senin (26/9/2022).


Dia menambahkan, buah-buahan lokal yang akan ditanam seperti buah duku, ramania, dan keledang.  “Seberang waduk Kebun Raya persis [lokasinya],” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Syarief Hidayatullah mengatakan pada 2023 mendatang pihaknya juga berencana akan membangun kebun induk dan koleksi komoditi aren di Kebun Raya balikpapan yang bersumber dana APBD Kota Balikpapan.

Dia menuturkan bahwa Balikpapan sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) berpeluang menyediakan kebutuhan gula aren dan lada di wilayah IKN dan sekitarnya dengan harga yang terjangkau.

"Saat ini saja, harga gula aren di wilayah PPU sendiri berkisar Rp40.000 per kilogramnya,” pungkasnya.

Sumber : bisnis.com
Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال