Aplikasi Silakas Tala Raih Juara III Pada Ajang KIA 2022

SERAHKAN PENGHARGAAN: Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Subhan Nor Yaumil menyerahkan piagam penghargaan Juara III Ajang KIA 2022 kepada Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tala, Ahmad Hairin – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Layanan Aplikasi Sistem Informasi Layanan Online Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Silakas) yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Laut (Tala), berhasil meraih juara III pada ajang Kalimantan Selatan (Kalsel) Innovation Award (KIA) Tahun 2022 untuk kategori SKPD Kabupaten/Kota.

Piagam penghargaan beserta trofi juara diserahkan oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor diwakili Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Subhan Nor Yaumil kepada Bupati Tala HM Sukamta diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tala, Ahmad Hairin di Gedung KH Idham Chalid, Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel, Kamis (8/9/2022) siang.

Ahmad Hairin mengatakan, saat ini Disdukcapil menjadi contoh dari segi peningkatan pelayanan dengan melaksanakan sistem online agar masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengurus pembuatan berkas maupun perubahan data. 

Masyarakat, tambahnya, juga tidak perlu lagi mengambil berkas yang sudah selesai diurus, karena saat ini Disdukcapil sudah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dalam pengantaran berkas dengan tarif Rp 10 ribu untuk jarak jauh maupun dekat. 

Tentunya, lanjut Ahmad Hairin, hal ini akan mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan melalui aplikasi Silakas, yang melayani pengurusan berkas Pendaftaran Perekaman e-KTP, Penerbitan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Pindah Datang, Akta Kelahiran serta Akta Kematian.

“Alhamdulillah Silakas berhasil meraih juara III pada ajang KIA 2022. Hal ini tentunya menjadi penyemangat agar ke depannya seluruh SKPD dapat mengikuti jejak Disdukcapil memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan kepada masyarakat yang berkepentingan,” ucap Hairin.

Ia menambahkan, pada ajang KIA 2022 yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalsel, ada 12 kabupaten/kota yang mengikuti namun hanya 11 inovasi yang berhasil masuk nominasi.

Di antara 11 inovasi tersebut, ada dua perwakilan Bumi Tuntung Pandang yaitu dari Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Sekretariat Daerah Kabupaten Tala dengan inovasi bernama Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (Sosialita) serta yang berhasil keluar sebagai juara III yaitu Silakas dari Disdukcapil Tala.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang dibacakan Subhan Nor Yaumil menyampaikan, penyelenggaraan KIA 2022 ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk melakukan pembaharuan baik melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan peran serta masyarakat maupun peningkatan daya saing daerah. 

Gubernur juga menyampaikan selamat kepada para pemenang penghargaan KIA 2022.

"Semoga niat yang tulus dan kerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dapat tercapai sesuai dengan harapan kita bersama,” ucap Subhan.

Penulis: Zainal

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال