Menteri ESDM Susun Program Subsidi BBM Tepat Sasaran, DTKS Jadi Acuan

TEPAT SASARAN : Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan pemerintah sedang menyusun program subsidi BBM tepat sasaran - Foto Net.

BORNEOTREND.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan pemerintah sedang menyusun program subsidi BBM tepat sasaran. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bakal digunakan sebagai acuan penerima BBM subsidi.

Selama ini DTKS digunakan untuk data masyarakat miskin penerima bansos dan disusun oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Arifin mengatakan rencana ini memang belum diputuskan namun sudah dibahas dengan berbagai instansi.
"Kami dukung program tepat sasaran yang sudah kita gulirkan dengan gunakan data-data yang ada di DTKS untuk dimanfaatkan. Ini dibutuhkan koordinasi lagi dengan instansi lain yang terkait," kata Arifin dalam rapat dengan Komisi VII DPR, ditulis Kamis (25/8/2022).
"Jadi data ini untuk tepat sasaran bisa dilaksanakan, bantuan langsung ini bisa dialokasikan dengan tepat," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga sedang bekerja dengan Korlantas Polri untuk mendapatkan data kendaraan. Hal ini dilakukan untuk menyusun dan menggolongkan kendaraan penerima subsidi BBM.

"Kita kerja sama dengan Korlantas untuk dapat data kendaraan, biasanya ya dalam BPKB kendaraan dan di STNK ada CC-nya sekian liter dan kapasitas volumenya berapa," ungkap Arifin.

Pihaknya juga tak berhenti melakukan penindakan penyelewengan BBM Subsidi di lapangan. Razia-razia terus dilakukan pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi terkait.

"Beberapa waktu lalu ada razia, aparat menemui kasus penimbunan dan sebagainya, kita harap bisa diinsetifkan lagi memasuki semester dua dan akhir tahun," sebut Arifin.

Sumber : detik.com
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال