Festival Budaya Handep Hapakat Pulang Pisau 2022 Berlangsung Meriah

FESTIVAL HANDEP HAPAKAT: Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dipenuhi warga yang ingin melihat penampilan para peserta Festival Budaya Handep Hapakat – Foto Dok

BORNEOTREND.COM - Festival Budaya Handep Hapakat Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 berlangsung meriah. 

Animo masyarakat menyaksikan penampilan para peserta yang menampilkan berbagai kesenian daerah sangat antusias. Pasalnya semenjak pandemi Covid-19 melanda, baru tahun ini Festival Budaya Handep Hapakat bisa dilaksanakan secara langsung. 

Berdasarkan pantauan, Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (24/08/2022) di Jalan Tingang Menteng Pulang Pisau dipenuhi oleh penonton yang datang dari berbagai tempat untuk menyaksikan penampilan dari para peserta. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Bakhzar Effendi melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Renshasd Adtrilus menyampaikan, Festival Budaya Handep Hapakat ini dilaksanakan di tiga tempat terpisah, yakni di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Taman Sumbu Kurung, dan Stadion HM Sanusi. 

"Perlombaan dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, 24 dan 25 Agustus 2022 yang berlokasi di tiga tempat. Cabang Seni yakni Sansana Bandar, Karungut dan Tari Pedalaman di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Cabang Olahraga Tradisional, Mangaruhi, Balogo, Manyipet dan Lawang Sakepeng di Halaman Stadion HM Sanusi. Serta Cabang lomba Besei Kambe dilaksanakan di Sungai Kahayan/Dermaga Taman Sumbu Kurung," kata Renshasd. 

Dia mengharapkan melalui kegiatan Festival Handep Hapakat ini bisa semakin memajukan kebudayaan daerah serta menjadi daya tarik wisata karena memiliki ciri khas yang tidak dimiliki daerah lainnya. 

Melalui kegiatan ini juga diharapkan generasi muda bisa semakin mencintai dan bangga dengan budayanya sendiri. 

"Untuk peserta, merupakan masyarakat umum yang datang dari berbagai tempat di 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau," pungkasnya. 

Penulis: Agerson

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال