DPD KNPI Tanbu Gelar Rapimda ke-4 Tahun 2022 Setelah Tertunda Karena Pandemi Covid-19

FOTO BERSAMA: Ketua DPD KNPI Tanah Bumbu dr H Sulaiman Umar berfoto bersama pengurus DPD KNPI Kabupaten Tanah Bumbu – Foto Dok

 

BORNEOTREND.COM - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) ke-4 yang berlangsung di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Kecamatan Simpang Empat, Jumat (19/8/2022) pagi. 

Ketua KNPI Tanah Bumbu dr H Sulaiman Umar bersyukur tahun ini dapat menggelar Rapimda setelah sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19. 

“Alhamdulillah pada hari ini Rapimda KNPI Tanbu sudah dapat dilaksanakan, dan ini berkat adanya kebersamaan, sinergitas antara KNPI dan juga pemerintah daerah. KNPI Tanbu siap untuk mengawal 3 pilar untuk kemajuan daerah, di antaranya bidang kesehatan, pendidikan serta infrastruktur,” ujarnya. 

Sulaiman mengatakan, pelaksanaan Rapim dan Musda sedianya dilaksanakan tahun 2020 lalu, namun karena waktu itu masih pandemi Covid-19 serta kesibukannya di DPR RI maka pelaksanaan Rapim dan Musda diundur. 

Saat ini, katanya, anggota KNPI dan OKP sudah berjumlah seratus orang. Dia berharap, ke depannya jumlah anggota KNPI akan terus bertambah, seiring dengan kemajuan Kabupaten Tanah Bumbu. 

“Untuk ke depan ada program istimewa seperti tagline saya dulu yakni Pemuda Sehat Pemuda Kreatif, karena saya seorang dokter tentunya kita mau bicara apapun ya harusnya pemuda itu sehat serta melahirkan ide-ide kreatif,” sebutnya. 

KATA SAMBUTAN: Ketua DPD KNPI Tanah Bumbu dr H Sulaiman Umar memberikan kata sambutan pada Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) ke-4 DPD KNPI Tanah Bumbu – Foto Dok
 

Dia berharap, apa yang dilakukan organisasi KNPI Tanah Bumbu sesuai dengan keinginan Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menjadi Serambi Madinah. 

“Tentu harus dikawal, tidak hanya menjadi tagline angan-angan saja yang kemudian pada implementasinya tidak bisa diterapkan di masyarakat. Jadi pemuda itu harus hadir untuk membawa apa yang menjadi cita-cita mulia pemerintah daerah serta dari kebijakan yang sudah diterapkan oleh pemerintah,” katanya. 

Menurutnya, semua itu betul-betul harus bisa terlaksana dan untuk ini KNPI berharap ada kritik dan saran agar bisa berkontribusi nyata terhadap pembangunan daerah khususnya di Tanah Bumbu. 

Lebih lanjut, dr Sulaiman Umar mengatakan, Rapimda tahun 2022 ini digelar berdasarkan aturan yang tertuang dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADRT) KNPI dan sesuai dengan berakhirnya masa jabatan kepengurusan ketua DPD KNPI periode 2017-2020. 

Menurut Sulaiman, Rapimda DPD KNPI ini juga digelar karena pada tanggal 27 Agustus 2022 mendatang akan dilaksanakan Musda pemilihan ketua yang baru untuk periode 2022-2027. 

"Saya menaruh harapan besar melalui Rapimda ini menandai bangkitnya kembali semangat para pemuda di Kabupaten Tanah Bumbu. Bukan hanya dalam wadah KNPI tetapi juga organisasi lainnya dalam membangun wilayah ini," katanya. 

Sebagai tindak lanjutnya, kata dia, harus mengadakan Rapimda sebelum melaksanakan pemilihan kembali untuk kepengurusan. 

“Rapimda merupakan forum tinggi pra Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI Kabupaten Tanah Bumbu sedangkan Musda adalah forum tertinggi DPD KNPI Tanah Bumbu yang bertujuan menentukan kebijakan dan rekomendasi serta memilih seorang ketua untuk periode selanjutnya,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tanah Bumbu Hamaludin Taher melalui Sekretaris Abdul Jalil, yang hadir dalam Rapimda ini menyampaikan, KNPI merupakan sebuah wadah organisasi kepemudaan yang dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu. 

"Sangat terlihat, saat ini KNPI Tanbu sudah mulai tumbuh dan berkembang, tentunya peranan KNPI sebagai organisasi pemuda harus dioptimalkan dalam rangka menyongsong kemajuan Kabupaten Tanbu, mengkonsolidasi keanekaragaman potensi dan menjadi ujung tombak keberhasilan pembangunan,” katanya. 

Di tempat yang sama, Bendahara Umum KNPI Provinsi Kalimantan Selatan, M Sopian Bahari menyambut baik digelarnya Rapimda dan pihaknya siap mendukung serta bersinergi dengan pemerintah daerah setempat. 

“Semua kegiatan yang berhubungan dengan kepemudaan Daerah Tanah Bumbu, KNPI Provinsi Kalsel selalu siap untuk dikritik, hal ini demi kemajuan organisasi KNPI di daerah,” kata Sopian. 

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
KPU Provinsi Kalimantan Tengah

نموذج الاتصال