Agen Perubahan Sebagai Endorse Bagi ASN Tala

 

Bupati Tanah Laut (Tala) yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Hairul Rijal saat menyematkan tanda peserta kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Agen Perubahan fi Lingkungan Pemkab Tala.
(Foto: Prokopim Tala)


BORNEOTREND.COM - Aparatur Negeri Sipil (ASN) sebagai agen perubahan merupakan endorse dan role model (teladan) untuk menjembatani antara pegawai-pegawai disetiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kepada pimpinan. Hal ini disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Hairul Rijal saat membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Agen Perubahan Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala Tahun 2022. Bertempat di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Senin (30/5/2022).

Dilanjutkan Hairul Rijal, Bimtek Agen Perubahan dirasa sangat penting karena dapat meningkatkan kualitas diri baik dari segi sifat, sikap, perilaku serta karakter yang dapat mempengaruhi pegawai lain disetiap SKPD yang bersangkutan, sehingga dapat memberikan nilai motivasi kepada pegawai lainnya. Tidak hanya itu, agen perubahan juga merupakan bagian dari peningkatan Zona Integritas dimasing-masinh SKPD.

“Agen perubahan merupakan panutan serta contoh teladan bagi teman-temannya di setiap SKPD,” tutur Hairul.

Sosok agen perubahan sangat diperlukan disetiap organisasi pemerintahan dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi, hal ini diperkuat dengan Peraturan Presiden (PP) Nomor 81 Tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi 2010-2025. Untuk mendukung peraturan tersebut, Pemkab Tala berkomitmen untuk mewujudkan tatanan reformasi birokrasi yang lebih efektif dan berkelanjutan, salah satunya mendukung terbentuknya ASN Tala sebagai agen perubahan, hal tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati Tala Nomor 141 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemkab Tala Tahun 2002-2024 serta Keputusan Bupati Tala Nomor 188.45/359/Kum/2022 tentang Pembentukan Teladan/Role Model dan Agen Perubahan Reformasi Birokrasi Pemkab Tala.

“Saya harap seluruh peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan serius dan niat yang tulus sekaligus sebagai proses meningkatkan kompetisi diri,” harapnya.

Pada kegiatan Bimtek Agen Perubahan ini mendatangkan narasumber dari Lembaga Administrasi Negera Republik Indonesia (LAN RI) Naufal Sabda Auliya, S.IP. Turut berhadir dalam kegiatan ini Assisten Bidang Administrasi Umum, Safarin, Kepala SKPD terkait Lingkup Pemkab Tala.

Sumber: Prokopim Tala



Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال