Masyarakat Balangan Harus Sadar Akan Pentingnya Vaksinasi

SOSIALISASI: Komandan Kodim 1001 HSU/Balangan Letkol Inf Aldin Hadi menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi kesadaran diri bervaksinasi yang digelar di Kantor Kecamatan Juai – Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai penting dan amannya vaksinasi Covid-19 guna mengejar target herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat.

Demikian diungkapkan Komandan Kodim 1001 HSU/Balangan Letkol Inf Aldin Hadi saat sosialisasi kesadaran diri bervaksinasi yang dihadiri Camat Juai, Polsek Juai dan UPT Puskesmas setempat.

Menurutnya kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksin sangat penting guna menekan lonjakan kasus harian hingga kematian akibat paparan Covid-19.

“Dengan adanya lonjakan kasus Covid-19 konsekuensinya angka meningkatkan kasus kematian. Untuk itu kesadaran masyarakat untuk divaksin harus ditingkatkan,” ujar Aldin Hadi, Rabu (2/3/2022).

Dia juga menekankan pentingnya melibatkan berbagai kelompok masyarakat untuk kegiatan vaksinasi, seperti tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat. "Tujuannya, untuk menekan covid-19 dan meningkatkan cakupan vaksinasi itu sendiri," imbuhnya.

Dandim 1001 Amuntai/Balangan ini menjabarkan jika keterlibatan berbagai kelompok masyarakat bisa maksimal maka akan lahir rule model yang menularkan kesadaran vaksinasi di tengah masyarakat.

Dorongan kesadaran masyarakat untuk vaksinasi Covid-19 itu, kata Aldin Hadi, bisa pula melalui apresiasi atau penghargaan serta penegakan hukuman. Namun edukasi tetap harus jadi pilihan utama sehingga lahir kesadaran utuh dan mandiri dari masyarakat.

“Segala upaya itu harus dibarengi dengan mematuhi protokol Kesehatan (prokes) untuk mendorong agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Juai Nanang Edwar menyampaikan pihaknya akan melakukan upaya sosialiasi kepada masyarakat melalui kepala desa setempat agar melakukan pengecekan kepada warga yang belum mengikuti vaksin baik itu vaksin tahap 1 maupun tahap 2.

“Apabila ada ditemukan hal tersebut maka kami akan melakukan vaksin kepada warga yang belum bervaksin terkecuali ada laporan warga tersebut memiliki penyakit sehigga warga itu tidak diperbolehkan untuk divaksin. Kalau warganya tidak ada keluhan maka akan diwajibkan ikut vaksinasi agar terhidar dari penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini masih kita rasakan,” ungkapnya.

Sosialisasi ini, jelasnya, bertujuan untuk mengutamakan kesehatan masyarakat agar terhindar dari penyebaran Covid-19 dan menyadarkan diri masyarakan bahwa betapa pentingnya vaksin.

“Dengan divaksin warga bisa menjaga kekebalan tubuhnya sehingga virus-virus yang masuk ke dalam tubuh dapat dibasmi dengan dilakukannya vaksinasi,” tutupnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال