Pemkab Tala Gelar Peringatan Isra Mi'raj, Guru Besar UIN Antasari Kagum akan Filosopi Kondang

ISI TAUSIYAH: Guru Besar UIN Antasari Profesor DR KH A Hafiz Anshari didampingi Bupati Tanah Laut HM Sukamta datang ke Kabupaten Tanah Laut untuk mengisi tausiyah pada peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW – Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Guru Besar UIN Antasari Profesor DR KH A Hafiz Anshari kagum akan filosopi Kopiah Tuntung Pandang (Kondang) saat diundang pada peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk mengisi tausiyah, Kamis (17/02/2022).

Momen kehadiran guru besar tersebut tidak disia-siakan oleh Bupati Tala HM Sukamta di sela kegiatan untuk berbagi kisah seputar terciptanya Kopiah Tuntung Pandang (Kondang) sebagai kopiah atau peci khas Kabupaten Tala.

"Saya kagum akan filosofi Kondang ini setelah mendengar cerita Bupati. Bukan hanya sekedar bentuknya, salah satu inspirasinya hadir dari Al-Qur'an Surah Ali Imran ayat 103," ujar Profesor Hafiz di hadapan ASN lingkup Pemkab Tala.

Diketahui, makna ayat ini menunjukkan lambang persatuan dan kesatuan. Melalui ayat ini, Allah SWT berpesan agar selalu berpegang teguh pada tali Agama Allah serta jangan bercerai berai. 

"Realitas kehidupan masyarakat Kabupaten Tala yang dianugerahi beragam agama maupun suku nyatanya mampu hidup berdampingan dan bersatu dalam membangun Tanah Laut. Semua itu tergambarkan pada Kondang dan kreativitasnya lahir justru dari Al-Qur'an," imbuh Profesor Hafiz.

Ia menuturkan seandainya dalam segala aktivitas kita mampu berpikir sebagaimana pikiran di balik lahirnya Kondang ini, bukan tidak mungkin tindakan kita Insya Allah merupakan tindakan yang Qur'ani.

Peringatan Isra Mi'raj kali ini turut dihadiri unsur Forkopimda Tala, Kepala SKPD serta ASN lingkup Pemkab Tala. 

Penulis: Zainal/Diskominfo Tala

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال