Jasa Raharja Ajak Masyarakat Manfaatkan Layanan Samalam Dari UPPD Samsat Banjarmasin II

 

WAWANCARA: Kepala Jasa Raharja Cabang Kalsel Benyamin Bob Panjaita - Foto Nett


BORNEOTREND.COM- Kepala Jasa Raharja Cabang Kalsel Benyamin Bob Panjaitan mengajak masyarakat dapat memanfaatkan program inovasi Samsat Bayar Malam (Samalam) di Kota Banjarmasin.

"Dengan adanya Samalam ini dapat memberikan kemudahan masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor di malam hari," kata Benyamin belum lama tadi.


Diakuinya sebagian dari masyarakat tidak bisa membayar pajak di siang hari mengingat kesibukan bekerja dan aktivitas lainnya.

Untuk itulah inovasi Samalam menjawab harapan masyarakat agar membayar pajak tidak hanya di siang hari namun bisa juga dilakukan pada malam hari sekalipun.

"Mari kita taat membayar pajak karena hasil dari pajak masyarakat dipergunakan untuk pembangunan di Kalsel hingga daerah ini semakin maju dan berkembang," ingatnya.

Sedangkan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) yang termasuk dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dipergunakan untuk klaim santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas yang dikelola Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang keuangan sektor asuransi.

Sementara itu, Kasi STNK Ditlantas Polda Kalsel Kompol Rainhard Maradona menjelaskan program Samalam beroperasi setiap hari, kecuali Kamis malam mulai pukul 16.00 sampai 21.00 WITA.

"Selain memberikan kemudahan masyarakat, ini juga sebagai upaya mendukung realisasi target pendapatan dari pajak kendaraan bermotor," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel Agus Dyan Nur mengatakan, layanan ini diharapkannya dapat memudahkan masyarakat untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) diluar jam kerja.

Selain itu melalui layanan tersebut pihaknya juga bisa merealisasikan kenaikan target pendapatan daerah melalui PKB yang ditarget naik sekitar 1,6 persen dibanding tahun 2021 lalu.

“Untuk target PKB keseluruhan UPPD di Kalsel tahun ini 800 Milyar Rupiah. Kita optimis lah itu bisa terwujud melalui sejumlah terobosan, termasuk program Samalam ini,” tukasnya.

Sumber/Penulis: Nett/Arief Rahman


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال