Bappenas Jelaskan Arti Titik Nol di Ibu Kota Baru

 

Ilustrasi. Kantor Bappenas RI
(Foto: nett)

BORNEOTREND.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa buka-bukaan soal arti titik nol di ibu kota baru. Ia membantah titik itu bakal menjadi tempat pemerintah memulai pembangunan ibu kota baru.

"Ibu Kota Negara yang baru, saya mau klarifikasi soal titik 0 km. Titik 0 km bukan tempat kita mulai. Istana juga tidak dibangun di titik 0, tapi di atas," katanya dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR, Kamis (3/2).

Ia menambahkan titik 0 merupakan satu referensi atau patokan untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan laut.

"Itu akan menjadi referensi berapa ketinggian dari titik nol itu," katanya.

Sebagai informasi, pemerintah berencana membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur mulai semester II 2022 ini. Total dana yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek ini mencapai Rp466 triliun lebih.

Suharso beberapa waktu lalu menyebut titik 0 ibu kota baru berada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi berkemah di titik 0

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo untuk berkemah di titik nol, kawasan ibu kota negara (IKN) yang baru.

Isran mengklaim hal itu sebagai bentuk keseriusan Jokowi memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Pak Presiden akan bermalam, berkemah di titik nol (IKN). Waktunya masih diatur. Tapi tidak lama lagi," ungkap Isran mengutip Antara, Rabu (3/2).

Rencana berkemah di titik nol itu disampaikan Jokowi kepada Isran Noor dalam rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan usai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan, Senin (31/1) lalu.

"Kami rapat hanya tiga orang. Pak Presiden, Menteri Sekretaris Negara dan saya," kata Isran, seperti dikutip CNN Indonesia.

Kemah di titik nol IKN nanti, jelas Isran, sekaligus akan dimanfaatkan Jokowi untuk bertemu para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis dan Jawa.

Saat itu juga akan ditampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kaltim. Selain itu juga akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Sepaku.

Demi menyiapkan rencana tersebut, maka Isran Noor meminta kepada siapapun Sekda terpilih nantinya agar segera berkoordinasi dengan pihak Istana Negara di Jakarta untuk mempersiapkan rencana tersebut.

Isran sudah mendapat kepastian bahwa untuk rencana tersebut, seluruh proses penyelenggaraan acara akan dibiayai oleh Sekretariat Negara. Sementara pengaturan lokasinya akan ditentukan oleh Kementerian PUPR, TNI dan Polri.

Menurut Isran rencana berkemah di titik nol IKN ini menjadi bukti kuat bahwa Jokowi sangat serius dengan mimpi besarnya memindahkan ibu kota negara ke Sepaku, Penajam Paser Utara. Apalagi, DPR RI telah memberikan dukungan dengan disahkannya UU IKN, 18 Januari 2022 lalu.

"Ini berkah luar biasa bagi Kaltim dan pemerataan pembangunan bagi Indonesia," tegas Isran.

Editor: Khairiadi Asa





Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال