Legislator Barsel Ingatkan Masyarakat Jaga dan Lindungi Satwa Langka

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Kabupaten Barsel Tri Wahyuni - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tri Wahyuni, mengajak masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga dan melindungi satwa langka yang ada di wilayah Kabupaten Barsel.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengungkapkan, terdapat banyak satwa langka yang tersebar di wilayah Barsel ini, misalnya tenggiling, orang utan, monyet bakantan, beruang madu, owa-owa, burung enggang dan lain sebagainya. 

“Satwa langka tadi wajib dijaga dan dilindungi agar keberadaannya tidak punah. Jangan sampai diburu secara liar serta disengaja untuk kepentingan pribadi,” katanya, Senin (18/3/2024). 


Ia mengatakan, satwa langka sangat penting dijaga dan dilindungi. Sebab keberadaan satwa itu dibutuhkan alam untuk keseimbangan ekosistem.

Karena itulah ada baiknya satwa yang ada tersebut dilestarikan agar keanekaragaman hayati tetap terjaga. 

“Apabila keberadaan satwa ini mengalami kelangkaan bahkan punah, maka itu dapat mengakibatkan ragam jenisnya berkurang. Oleh karenanya penting bagi kita menjaga, melindungi serta melestarikannya,” ucapnya. 

Dirinya juga mengingatkan, ketika masyarakat menemukan atau menjumpai satwa yang tergolong langka ada baiknya melapor atau diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) atau perwakilan di Barsel. 

“Jangan sampai ketika mendapatkan satwa langka dipelihara sendiri atau dijual. Sebaiknya laporkan atau serahkan kepada BKSDA, sehingga nanti bisa dirawat dan dilepaskan liarkan kembali ke habitatnya,” tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال