Tingkatkan Literasi Masyarakat Batola, Dispersip Aktif Gelar Mobil Pintar

 

RAMAI: Aktivitas mobil pintar Dispersip Batola yang nongkrong di halaman Pemkab Batola di Kota Marabahan - Foto Dok Kominfo Batola


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Barito Kuala (Batola) terus berupaya meningkatkan  minat baca dan mencerdaskan masyarakat setempat.

Salah satunya melalui terobosan menggelar kegiatan Mobil Pintar, Jumat (23/2/2024) di halaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batola, di Kota Marabahan, Kabupaten Batola, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WITA hingga 10.00 WITA ini dilakukan untuk memberikan kegiatan positif kepada masyarakat, terutama ASN dan Dharma Wanita lingkup Pemkab Batola sembari melaksanakan kegiatan senam pagi.

Mobil Pintar sendiri menyediakan sekitar 600 buku bacaan dan 300 example yang bisa dibaca oleh masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasannya. Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa membaca dalam suasana yang menyenangkan karena telah disediakan kursi dan meja serta tempat lesehan untuk kenyamanan membaca.

Mobil Pintar yang mulanya hanya ada 1 unit mobil, kini sudah bertambah 1 unit lagi di tahun 2023 lalu hingga sekarang menjadi 2 unit mobil untuk menambah jumlah muatan buku bacaan.

Kepala Dispersip Batola Siti Aminah, S.AP mengatakan, kegiatan Mobil Pintar yang dipadukan dengan kegiatan senam pagi ini dilakukan per dua minggu sekali di halaman Pemkab Batola setiap hari Jum'at pagi. Selain itu, operasional Mobil Pintar juga mengunjungi ke sekolahan-sekolahan khususnya kalangan pelajar hingga menjangkau desa-desa di Kecamatan Batola untuk pencapaian sasaran program Tingkat Kegemaran Membaca (TGM). Karena dengan berkumpulnya masyarakat maka tentunya akan menambah pengetahuan dan wawasan.

"Siapa yang gemar membaca maka pengetahuan dan wawasannya akan terus bertambah. Karena dengan membaca maka kita akan menemukan hal-hal baru yang selama ini belum kita dapatkan. Jadi banyak sekali manfaat dari kita sering membaca," katanya.


Salah satu manfaat membaca jelas Aminah, maka masyarakat akan memiliki jiwa wirausaha supaya ke depan ada peningkatan ekonomi yang pada akhirnya akan mampu mengentaskan angka kemiskinan di Kabupaten Batola. Tentunya hal ini merupakan kegiatan yang positif dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kami berupaya bagaimana dengan adanya mobil pintar ini bisa mengedukasi dan memberikan kegiatan yang positif bagi masyarakat," tegasnya.

Dirinya juga menambahkan, selain tampil dalam event-event tertentu, mobil pintar dan perpustakaan keliling yang dimiliki oleh Dispersip Batola dalam memberikan pelayanan agar eksistensi kedepannya nanti akan semakin meningkat kualitas literasinya dan sembari didukung oleh Pemerintah Daerah guna percepatan menumbuhkembangkan minat baca di Kabupaten Batola.

Sumber: Kominfo Batola

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال