Sosper ke-9, M. Udin Soroti Kampung Bersinar Mewujudkan Perlawanan Penyalahgunaan Narkoba

DISKUSI: Anggota DPRD Provinsi Kaltim M. Udin saat menggelar Sosper di Kelurahan Rinding Kabupaten Berau - Foto Dok Agustina


BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) M. Udin menggelar penyerbarluasan atau Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) ke-9, Minggu (30/7/2023) lalu di Jalan Raja Alam 2, Kelurahan Rinding, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau.

Dalam acara tersebut, dia menyampaikan tentang Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2022 yang berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, prekursor narkotika, dan psikotropika.

"Penyalahgunaan narkoba bukan hanya masalah lokal, tapi juga global. Setiap negara berusaha mengurangi penyalahgunaan narkoba, terutama di kalangan generasi muda," ujar M. Udin.


Di Indonesia, program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) dijalankan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan dukungan dari pemerintah daerah, termasuk DPRD Kaltim.

Ia juga menyampaikan pentingnya mewujudkan kampung bersih dari narkoba (Bersinar) dan mengenalkan konsep Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) sebagai upaya untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkotika. Dalam melaksanakan program P4GN dua pendekatan strategis digunakan yaitu kelembagaan dan fungsional.

"Penting untuk mewujudkan Kampung Bersinar memerlukan kreativitas, inovasi, dan terobosan yang luar biasa," tegasnya.

Dia berharap tidak hanya desa yang rawan, tetapi juga kampung yang berstatus aman dapat bebas dari bahaya narkoba.

Selain itu ia juga mengemukakan, dalam mewujudkan Kampung Bersinar memang bukan hal yang mudah atau ibarat membalikkan telapak tangan, tetapi butuh kreativitas, inovasi dan terobosan yang luar biasa. 

"Tentunya tidak hanya difokuskan pada desa yang rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, tetapi juga pada kampung yang dikategorikan waspada dan siaga bahkan dalam status aman. Kita juga doakan semoga warga Kelurahan Berbas Pantai agar terbebas dari bahaya narkoba," tutupnya.

Sosialisasi tersebut dipandu oleh moderator Rudi Salam dan melibatkan dua narasumber, Bambang Irawan dan Rio. Dengan adanya Sosper ini diharapkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam memerangi penyalahgunaan narkoba semakin meningkat.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال