Budidaya Mudah dan Pakan Yang Murah, Jadikan Bisnis Lobster Air Tawar Gurih Untuk Jadi Cuan

KERJA: Alfi saat memperlihatkan tempat budidaya lobster air tawar dirumahnya – Foto Dok Aboe


BORNEOTREND.COM- Dengan teknologi yang berkembang kian pesat sekarang, lobster tidak hanya bisa dikembang biakkan pada perairan asin saja. Di perairan tawar pun kini lobster bisa di budidayakan untuk menghasilkan cuan.

Inilah yang dilakukan oleh Alfi, salah satu warga Kota Banjarmasin yang sejak tahun 2021 lalu sudah menggeluti budidaya lobster air tawar.

Alfi melihat budidaya lobster air tawar sendiri cukup menjanjikan, salah satunya karena kebutuhan lobster sebagai salah satu hidangan makanan laut cukup tinggi diminati oleh masyarakat Banua.

“Lalu yang tidak kalah penting saya pasar lobster air tawar lebih besar, karena harganya lebih terjangkau dari pada lobster laut. Makanya saya memutuskan untuk memudidayakannya sejak tahun 2021 lalu,” ungkapnya.


Saat memulai budidaya lobster air tawar sendiri, Alfi mengaku hanya menggunakan cara otodidak, yakni mempelajarinya dari Youtube.


SUKSES: Alfi sukses mengembangkan bisnis lobster air tawarnya – Foto Dok Aboe

“Namun memang karena dari dulu saya hobi beternak dan berkebun, selama memulai bisnis budidaya lobster air tawar ini saya tidak mengalami banyak kendala,” tambahnya. 

Dirinya mengaku memulai budidaya lobster air tawar ini hanya bermodalkan tempat 1 X 1 Meter.

“Untuk pakannya juga mudah dicari, bisa menggunakan pakan tauge, kentang hingga ikan sepat. Sehingga untuk modal pakan sendiri bisa di tekan seminimal mungkin,” ujarnya.


BANYAK: Lobster air tawar kini jadi pilihan masyarakat yang gemar makan seafood – Foto Dok Aboe

Dari hasil budidaya lobster air tawarnya ini dirinya bisa menjual lobster indukan sebesar Rp150 ribu  perset dengan  isi 10 ekor dengan formasi 4 jantan dan 6 betina. 

Kemudian selain itu ia juga melakukan panen dari umur 6 bulan yang kemudian dijual untuk kebutuhan rumah makan dengan harga bervariasi.

“Untuk harga jual lobster air tawar siap konsumsi sendiri biasanya di banderol dengan harga Rp150 ribu perkilo dengan lobster sebanyak 15 – 20 ekor,” tukasnya.

Penulis: Aboe

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال