Distan HSU Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah

Kepala Dinas Pertanian HSU Masrai Syawfajar Nejar – Foto Dok Fathur

BORNEOTREND.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendorong para petani untuk menggunakan pupuk organik guna kesuburan tanahnya. 

"Jadi kami mendukung dengan adanya permintaan Presiden Joko Widodo untuk pengurangan atau ketergantungan terhadap pupuk kimia dengan menggunakan pupuk organik," kata Kepala Dinas Pertanian HSU Masrai Syawfajar Nejar, Rabu (10/5/2023). 

Masrai mengatakan, pihaknya memiliki pupuk trichoderma yang bercampur organik dan penggunaanya untuk lahan pertanian di HSU terbukti menyuburkan kecuali di lahan dangkal. 

"Dinas pertanian setiap tahun menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik dan paling sedikit penggunaan pupuk di HSU kalau dijatah 50 ton subsidi tidak pernah habis karena tanahnya subur," ungkapnya.

Lebih lanjut, Masrai menginginkan para petani di HSU lebih bagus dalam produksi padi dari sebelumnya dan siap melakukan perubahan dan inovasi baru nantinya.

"Mudah-mudahan pembangunan yang ada di daerah terselesaikan dengan baik dan lancar serta lain-lainnya guna memberikan manfaat kepada masyarakat," pungkasnya. 

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال