Berdampak pada Populasi dan Habitat Orangutan, Pembangunan Jalan Lintas di Desa Tumbang Muroi Dikaji Lebih Mendalam

LOKAKARYA: Borneo Orangutan Survival (BOS) Mawas menggelar lokakarya dan kajian dampak pembangunan jalan lintas terhadap populasi dan habitat orangutan/satwa liar lainnya di Desa Tumbang Muroi, Tanjung Kalanis – Foto Dok Fridol

BORNEOTREND.COM – Borneo Orangutan Survival (BOS) Mawas mengggelar kegiatan lokakarya dan diseminasi di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Kapuas, Kamis (4/5/2023).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Asisten II Setda Kapuas, Salman ini digelar untuk mengkaji potensi dampak pembangunan jalan lintas terhadap populasi dan habitat orangutan/satwa liar lainnya di Desa Tumbang Muroi, Tanjung Kalanis, hingga Mantangai Hulu.

"Kegiatan ini mendiskusi banyak hal terutama tentang membangun kehidupan harmonis kita sebagai masyarakat dengan alam, bagaimana kita hidup," kata Salman dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Bappelitbangda Kapuas, Catur Feriyanto, Kepala DLH Kapuas, Karolinae, Kepala Dinas PUPR Teras, Manager Program BOS Mawas, Jhanson Regalino, Anggota DPRD Kapuas, Camat Mantangai Yubderi dan sejumlah pemerintah desa.

Salman menilai, BOS Mawas berperan dalam melindungi satwa-satwa yang dilindungi undang-undang. 

"Di sisi lain juga kita harus membangun masyarakat di sekitar kawasan supaya bisa hidup sejahtera, hidup harmonis dengan alam. Tetap terjaga," ucapnya.

Sementara itu, Manager Program BOS Mawas, Jhanson Regalino mengatakan lokakarya dan desiminasi ini hasil pengkajian berkaitan dengan pembangunan jalan sehubungan dengan konservasi satwa liar yang dilindungi.

"Jadi ini merupakan hasil dari beberapa informasi-informasi yang kita dapatkan di tingkat masyarakat mulai dari desa, kelompok masyarakat sampai stakeholder, ada dinas terkait, ada perusahaan dan lain sebagainya," ucap Jhanson.

Menurutnya, lokakarya dan diseminasi ini merupakan bersama-sama untuk bisa meminimalkan konflik dengan satwa liar yang dilindungi sebagai dampak dari adanya pembangunan jalan lintas di wilayah Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas.

Penulis: Fridol

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال