Gelar Sosialisasi Raperda, Laila Fatihah Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Ritel

SIMBOLIS: Anggota DPRD Kota Samarinda Laila Fatihah saat menggelar Sosialisasi Raperda kepada warga Sengkotek - Foto Dok Agustina


BORNEOTREND.COM- Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Laila Fatihah menggelar Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perlindungan dan pendistribusian produk lokal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ke Pasar Modern, Senin (17/4/2023) lalu di Sekretariat Kelurahan Sengkotek, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda.

Dalam kegiatan itu, Laila menjelaskan Raperda ini nantinya dapat menjadi pijakan pemerintah memberikan pengarahan serta pendampingan bagi UMKM membuat produk unggulan. Lalu, mengawal produk-produk lokal itu untuk bisa masuk ke retail-retail modern yang ada di Kota Tepian.

“Ini bisa menjadi pijakan meningkatan ekonomi warga dan memandirikan UMKM lewat dukungan pemerintah,” ucapnya.


Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga menjelaskan, lewat aturan itu, retail modern yang ada juga harus bisa bersinergis dengan pelaku UMKM disekitarnya. Pasar modern itu harus menjadi salah satu pihak yang turut mendukung perkembangan UMKM lokal di mana mereka berada.

Jika retail modern enggan menerima produk dari UMKM, bukan tak mungkin mereka akan mendapat sanksi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Bisa berupa teguran atau menyetop perpanjangan izin usahanya.

“Retail modern juga harus peduli dengan pelaku UMKM di lingkungan sekitar,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Sengkotek Novi Kurnia Putra menuturkan, hadirnya raperda UMKM ini tengah dinanti masyarakat lantaran regulasi itu menjadi jembatan yang memfasilitasi UMKM untuk mendagangkan produknya ke pasar modern.

Terlebih saat ini perkembangan pasar modern di Kota Samarinda terbilang cukup pesat. Pihak kelurahan pun akan memfasilitasi dalam bentuk pelatihan peningkatan mutu produk.

“Ini jadi penegasan jika ada perlindungan khusus bagi pelaku UMKM. Mereka mendapat prioritas untuk bisa menjajakan produknya ke pasar modern,” pungkasnya.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال