Gelar Sosper, Agiel Suwarno Sampaikan Upaya Ketahanan Keluarga di Kutai Timur

 

SIMBOLIS: Legislator Kaltim Agiel Suwarno (tengah) saat melakukan Sosper Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga kepada masyarakat Kutai Timur - Foto Dok Agustina 

BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Agiel Suwarno menyampaikan upaya-upaya dalam pembangunan ketahanan keluarga kepada masyarakat jalan Pinang Dalam, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, pada sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

"Dalam upaya mengoptimalkan ketahanan keluarga, pemerintah daerah dapat membentuk motivator ketahan keluarga daerah, yang juga memiliki tugas memediasi, mendidik dan mengadvokasi," jelas Agiel yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kutai Timur ini.


Dikemukakannya, Perda penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga dimaksudkan sebagai pedoman bagi pemerintah daerah, masyarakat dan keluarga di lingkup terkecil, dalam mewujudkan dan meningkatkan kemampuan guna menciptakan  dan mengoptimalkan keuletan serta ketangguhan keluarga.

"Masyarakat dalam dukungan membangun ketahanan keluarga, punya peran untuk melestarikan nilai-nilai budaya luhur, memberikan saran dan pertimbangan, serta memberikan laayanan konsultasi konseling dalam membentuk keharmonisan keluarga," paparnya.

Dirinya mendefinisikan masyarakat sebagai sekelompok orang yang terjalin erat karena sistem tertentu, tradisi tertentu, konvensi, dan hukum tertentu yang sama, serta mengarah pada kehidupan kolektif.

"Sistem dalam kehidupan bermasyarakat saling berhubungan antara satu manusia dengan manusia lainnya yang membentuk suatu kesatuan, sehingga hal tersebut berhubungan erat dalam perannya membangun ketahanan keluarga di lingkungan komunitas," bebernya.

Dalam sosialisasi tersebut hadir juga sebagai narasumber yakni Yuliana Kala Lembang dan Dorkas dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kutai Timur, serta dimoderatori oleh Irma pala Sukma ayu.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال