Bupati HST Ajak Masyarakat Peduli Terhadap Persoalan Sampah Dilingkungannya

 

SIMBOLIS: Ketua TP PKK Kab HST Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi saat memberikan perlengkapan bersih-bersih kepada pasukan orange - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) mengajak masyarakat di Kabupaten HST untuk lebih peduli terhadap persoalan sampah di lingkungannya masing-masing.

Hal menurut Bupati HST H Aulia Oktafiandi tentunya penting dilakukan, agar Kabupaten HST bisa bertransformasi menjadi daerah yang bersih, sehat dan nyaman untuk dipandang.

“Semoga seluruh masyarakat HST kedepan lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satunya dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan. Kalau itu bisa dilakukan saya yakin kedepannya HST bisa menjadi daerah bersih, sehat dan nyaman untuk dipandang,” ujarnya saat hadir dalam kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kantor DLHP, Senin (21/02/2022) di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) HST.


Dirinya pun dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih atas pengabdian seluruh pasukan kebersihan, baik pasukan orange, biru, hijau muda dan seluruh pasukan petugas kebersihan lainnya yang terus berupaya melakukan penanganan dan pengelolaan sampah di Kabupaten HST.

“Teruslah semangat bekerja dengan cinta dan penuh keikhlasan untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian Kota Barabai yang kita sayangi ini. Semoga Allah selalu memberikan kekuatan, kesehatan dan keberkahan untuk kita semua,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Kepala DLHP Kabupaten HST H Mursyidi melaporkan, dalam rangka momentum HPSN yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan sebagai sarana edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat agar lebih peduli dengan sampah.

“Kami berharap melalui kegiatan ini seluruh komponen masyarakat bisa lebih peduli dengan sampah melalui prinsif 3R”Reduce, Reuse, Recycle”. Baik itu melalui pembentukan bank sampah untuk sampah organik, melakukan budidaya maggot untuk sampah organik, memperbanyak ecobrick di sekolah-sekolah hingga pembuatan eco enzyme sisa buah-buahan dan sarana pemanfaatan sampah lainnya,” imbuhnya.

Dalam kegiatan HPSN di tahun 2022 kali ini, acara dirangkai dengan penyerahan secara simbolis 100 tumbler bagi pasukan orange, Pemberian bonus penghargaan bagi 3 Tim dan 3 orang Pasukan yang paling banyak menabung sampah bantuan dari Ketua TP PKK Kab HST, Pemberian bonus penghargaan kepada 1 orang sopir senior yang paling lama berkarya di DLHP lebih dari 25 Tahun dan Lounching gerakan peduli sampah terpilah Hulu Sungai Tengah (GPS-HST). 

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kab HST Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, Pj Sekda Kab HST Muhammad Yani, Plt Kepala DLHP, Seluruh Pejabat eselon III dan IV ASN DLHP dan Seluruh Pasukan Petugas Kebersihan DLHP.

Sumber: Rilis Pemkab HST 


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال