Dinkes Banjarmasin Dinilai Asal Tunjuk Beri Rekomendasi Faskes Rapid Test Antigen

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Kota Banjarmasin Fraksi PKS Hendra - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin Hendra menyesalkan adanya temuan dari masyarakat terkait Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang belum dapat melakukan Rapid Test Antigen, namun malah sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin.

“Ya tentu hal ini sangat kita sayangkan. Harusnya kalau memang sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinkes, Faskes tersebut harus bisa melakukan Rapid Test Antigen. Kalau seperti ini kan patut dicurigai instansi terkait asal-asalan memberikan rekomendasi,” tegas Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin ini.


Akibatnya masyarakat pun menjadi dirugikan, karena saat mengunjungi Faskes yang direkomendasikan oleh Dinkes Kota Banjarmasin, mereka tidak bisa mendapatkan layanan Rapid Test Antigen.

“Surat rekomendasi itu kan tujuannya untuk memberikan informasi untuk memudahkan masyarakat mencari faskes yang menyediakan layanan Rapid Test Antigen. Namun jadinya malah membuat kebingungan,” keluh politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut.

Bahkan dilihatnya surat rekomendasi fasilitas kesehatan untuk layanan Rapid Test Antigen yang dikeluarkan oleh Dinkes Kota Banjarmasin dikeluarkan beberapa kali dengan jeda waktu yang relatif singkat.

“Ini kan juga menjadi pertanyaan, kenapa dikeluarkan berkali-kali. Harusnya di pastikan dulu Faskes mana saja yang siap melakukan layanan Rapid Test Antigen dan lakukan survey terlebih dahulu secara teliti. Agar saat rekomendasi tersebut dikeluarkan bisa memberikan manfaat bukan malah membuat kebingungan seperti sekarang,” tukasnya.

Penulis: Hendra Riffanie

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال