Kutai Timur Dapat Bantuan Mobil PCR untuk Penanggulangan Covid-19

 

DIPARKIR: Mobil PCR kini dimiliki oleh Pemkab Kutim - Foto Dok

BORNEOTREND.COM- Satu mobil polymerase chain reaction (PCR) diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dari Provinsi Kaltim untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di wilayah setempat.

Pemberian tersebut disampaikan langsung kepada Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kutim M Jauhar Efendi.

Dia mengatakan, sama seperti halnya mobil PCR yang diterima oleh kabupaten dan kota lainnya.

"Alhamdulillah, permohonan kami dipenuhi Pemprov Kaltim. Dengan demikian diharapkan tracing pasien terkonfirmasi Covid-19 bisa dilakukan dengan cepat dan terukur,” kata Jauhar, Minggu (22/11/2020).


Dia mengemukakan mobil PCR sudah berada di Hotel Kutai Permai (HKP) Sangatta Utara sejak Minggu. Menurut rencana kendaraan tersebut akan beroperasi pada Senin (23/11/2020) untuk melayani masyarakat Sangatta dan sekitarnya yang ingin melakukan tes usap.

Kemampuan mobil PCR bantuan Pemprov Kaltim ini bisa melayani ratusan tes usap per hari.

"Semoga mobil PCR dari Pemprov Kaltim bisa mempercepat diagnosa kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kutim, sehingga dapat meningkatkan recovery rate dan menurunkan mortality rate. Selama ini sampel tes usap dikirim ke Samarinda," tambahnya.

Untuk diketahui, Kutim menjadi salah satu daerah di Kaltim yang tingkat penularan Covid-19 cukup tinggi. Hingga Minggu (22/11/2020) jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kutim mencapai 2.231 kasus, pasien sembuh 1.853 kasus, meninggal dunia 36 kasus dan masih dirawat 342 kasus.

Sumber: Nett


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال