Warga Serbu Kegiatan Gerakan Pangan Murah DKPP Kapuas

PERLIHATKAN BERAS SPHP: Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi memperlihatkan beras SPHP yang dijual lebih murah daripada harga di pasaran – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Perum Bulog dan pihak terkait menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah serentak, di Jalan Maluku kawasan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Senin (1/4/2024).

Kegiatan Gerakan Pangan Murah serentak ini disambut antusias masyarakat. Mereka berbondong-bondong menyerbu lokasi kegiatan Gerakan Pangan Murah serentak, di Jalan Maluku kawasan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas.

Warga rela antre untuk mendapatkan sejumlah komoditi pangan yang disubsidi tersebut karena harganya lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Untuk beras SPHP saja bisa dibeli seharga Rp 55.000/5 kg, kemudian minyak goreng JAR Rp 12.500/liter, telur ayam ras Rp 50.000/rak, gula Rp 12.500/kg, bawang putih Rp 30.000, bawang merah Rp 20.000/kg, cabai rawit merah Rp 40.000/kg dan Iga gondrong Rp 37.000/kg.

Kepala DKPP Kapuas, Kusmiatie menjelaskan, pelaksanaan Gerakan Pangan Murah serentak merupakan amanat pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) sesuai surat Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan perihal undangan menghadiri apel siaga HBKN jelang Idul Fitri 2024 melalui gerakan pangan murah serentak yang dilaksanakan pada tanggal 1 April 2024.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga stabilisasi harga pangan, sehingga laju inflasi dapat terjaga dan menjamin ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat," ucap Kusmiatie.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat, terutama menjelang hari besar keagamaan dalam hal ini Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas, saya mengucapkan terima kasih kepada stakeholder yang telah bekerjasama menyediakan bahan pangan dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DKPP Kapuas untuk mengatur stabilisasi pasokan harga pangan dan menekan laju inflasi," kata Erlin Hardi saat membuka kegiatan.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah serentak ini turut dihadiri Sekda Kapuas Septedy, unsur Forkopimda, Kepala DKPP Kapuas Kusmiatie, para kepala OPD, pihak Perum Bulog Cabang Kapuas dan lainnya.

Penulis: Gus

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال