Pasca Libur Lebaran Peningkatan Kunjungan Wisata Di Banjarmasin Sekitar 20 Persen

 

ANDALAN: Siring menara pandang dari salah satu icon wisata kebanggan Kota Banjarmasin - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Pasca libur lebaran, Kepala Bidang Pariwisata Disbudporapar Banjarmasin Emil Salim menyebut peningkatan kunjungan wisata di Banjarmasin sekitar 20 persen.

Emil mengatakan libur panjang pasca lebaran banyak destinasi wisata menjadi tujuan para wisatawan baik lokal, luar kota, nusantara maupun berasal dari luar negeri salah satunya dari Taiwan.

"Kunjungan rombongan wisatawan dari Taiwan ke Masjid sultan suriansyah dipandu tour gaide," ujarnya belum lama tadi.


Kunjungan mancanegara tersebut kata ia menandakan akan daya tarik tersendiri kebudayaan dan nilai sejarah yang ada di Masjid Sultan Suriansyah yang masuk dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun lalu.

Hal tersebut lanjut Emil luar biasa, karena dapat memancing ketertarikan dari wisatawan mancanegara terlebih bukan orang muslim.

"Alhamdulillah sekali wisata religi kita bisa menarik wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung," tambahnya.

Selain itu, meningkatnya kunjungan wisatawan juga terjadi di Kubah Habib Basirih yang terpantau ramai dibanding hari biasa. Kemudian susur sungai, kawasan wisata religi Surgi Mufti, dan kawasan sasirangan Sungai Jingah.

"Tahun ini kawasan sasirangan Sungai Jingah diusulkan masuk ADWI 2024. Mudahan bisa meraih predikat," sambungnya.

Ia menambahkan ramadhan tahun ini, memberi berkah tersendiri bagi Kota Banjarmasin. Setelah sebelumnya pasar wadai ramadan mampu meningkatkan perekonomian paguyuban dan PKL dengan berhasil capai Rp11,2 miliar.

Penulis: Arum

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال