Sekda Batola Pimpin Persiapan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten

 

DISKUSI: Sekda Batola Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M.Sc saat memimpin persiapan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten bersama instansi terkait - Foto Dok Kominfo Batola

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala (Batola) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Rembuk stunting tingkat kabupaten, Senin (19/2/2024) lalu.

Kegiatan sendiri langsung dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Batola Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M.Sc selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Batola. 

Turut berhadir dalam pertemuan seluruh camat, Asisten Pemerintah Daerah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan anggota TPPS Batola.

Rakor ini sendiri membahas tentang Percepatan Penurunan Stunting yang diharapkan dapat ditangani secara serius karena menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM) dimasa yang akan datang.

Disela kegiatan, Sekda Batola Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M.Sc mengatakan, permasalahan stunting akan berdampak pada kemajuan pembangunan jika tidak ditangani secara serius. 

"Sumber daya yang banyak tapi tanpa memperhatikan pembangunan sumber daya manusianya maka tidak akan maju," sebutnya.


Menyongsong Indonesia emas pada tahun 2045, Pemkab Batola sendiri menargetkan mampu mengentaskan angka stunting masih ada sebesar 5%. Agar target bisa dicapai dirinya pun mengajak anggota TPPS untuk memerangi stunting, mengingat jika dibiarkan anak stunting dan anak tidak stunting akan memiliki kemampuan otak yang berbeda.

"Anak-anak stunting kemampuan otaknya beda dengan anak tidak stunting dan ini berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia dan generasi penerus untuk diwariskan kepada anak dan cucu kita yang akan datang," pungkasnya.

Ia juga mengakui bahwa tidak gampang dalam menangani stunting, namun dirinya yakin dan optimis Barito Kuala bisa mengurangi maupun keluar dari permasalahan stunting terlebih adanya evaluasi yang rutin dilakukan.

"Kami berharap bapak ibu sekalian rapat koordinasi diisi terkait rebuk stunting yang isi nya evaluasi secara terstruktur di Kecamatan dan kepala desa nya diundang," tukasnya.

Sumber: Kominfo Batola

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال