Santriwati Ponpes Darussalam Martapura Bawa Indonesia Raih Juara 3 MTQ Internasional di Iran

PUTRI KALSEL: Nuriah Jurian Arga ketika melantunkan ayat suci Alquran pada event MTQ Internasional di Iran - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, JAKARTA– Indonesia kembali menorehkan prestasi di dunia Tilawah Qur’an Internasional melalui Nuriah Jurian Arga, asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berhasil meraih peringkat ketiga di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-40 yang digelar pada 15 - 21 Februari 2024, di Teheran, Iran.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty, bersyukur atas torehan prestasi Nuriah Jurian Arga. Apalagi, MTQ Internasional ke-40 di Teheran merupakan gelaran yang sangat bergengsi, Sabtu (24/2/2024) lalu, Jakarta Pusat

“Direktorat Penerangan Agama Islam menyambut dengan bahagia, bangga atas prestasi yang diraih anak kita, Nuriah pada MTQ Internasional ke-40 di Iran. Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi kita, karena kita tahu MTQ Internasional di Iran adalah gelaran yang sangat kompetitif dan sudah berjalan cukup lama," ungkapnya.


Rijal menambahkan, Nuriah memiliki kriteria dan standardisasi tinggi. Selain itu, Nuriah juga pernah menjuarai ajang MTQ Nasional 2022.

“Nuriah ini memiliki dua hal. Dia juara MTQ Nasional di Kalsel, juga memiliki kriteria dengan standardisasi yang tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalsel, Muhammad Tambrin, mengatakan bahwa prestasi yang diraih delegasi Indonesia asal Kalsel dalam kompetisi ini dapat menjadi motivasi bagi anak bangsa lainnya untuk berbicara banyak di ranah internasional.

“Ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua, khususnya anak-anak bangsa, para pemuda-pemudi penggiat seni baca Alquran khususnya di Kalsel, bahwa kita mampu berbicara di kancah internasional,” tuturnya.

Untuk diketahui, Nuriyah yang masih berstatus santriwati Pondok Pesantren Darussalam Martapura, terpilih sebagai duta Indonesia dalam even Internasional pada Cabang Hifidzhil Quran 30 juz setelah melalui seleksi beberapa tahapan yang dilakukan secara online dengan panitia MTQ Internasional di Iran.

Adapun prestasi Nasional yang pernah diraih oleh Nuriyah diantaranya 2015 juara 1 Golongan Anak-Anak STQ Nasional di Jakarta, 2016 juara 1 MHQ 5 Juz dan Tilawah MTQ Nasional di NTB, 2021 juara 1 MHQ 20 juz STQ Nasional di Maluku Utara dan 2022 Juara Harapan 2 MHQ 30 juz MTQ Nasional di Banjarmasin.

Sumber: kumparan.com/kemenag.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال