Komitmen Sukseskan Pemilu 2024, Mujiyat Bentuk Tim DESK

FOTO BERSAMA: Rapat koordinasi Tim DESK Pemilu Kabupaten Batola 2024 yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Batola Mujiyat - Foto Dok Kominfo Batola


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Demi terselenggaranya pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, aman, tertib dan bertanggung jawab sesuai tahapan yang telah diatur dalam peraturan perundang–undangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala (Batola) turut melaksanakan rapat Koordinasi tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pemilu Kabupaten Batola Tahun 2024, Kamis (1/2/2024) lalu di Aula Selidah.

Rapat koordinasi tim DESK tersebut dihadiri oleh Penjabat (PJ) Bupati Batola Mujiyat, S.Sn ., M.Pd, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staff Ahli, Asisten, Para Pimpinan SKPD Lingkup dan Camat se-Kabupaten Batola.

Dalam arahannya, Pj. Bupati Batola Mujiyat,S.Sn ., M.Pd mengatakan, tugas dan wewenang Pemerintah Kabupaten dalam garis besarnya bertujuan untuk mengawal, memfasilitasi dan memantau penyelenggara pemilu yang dilaksanakan oleh KPU beserta Bawaslu secara berkesinambungan. 

"Lalu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang - undangan yang berpedoman pada proporsionalitas, profesionalitas, tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, serta dapat melakukan pembinaan dan pengawasan dengan baik terhadap pelaksanaan tugas pada tingkatan dibawahnya," tegasnya.


Baginya pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat, sehingga diera keterbukaan seperti sekarang ini bahwa masyarakat serta segenap pemangku kepentingan, telah semakin kritis dan memahami  keberadaan pemilu sebagai  harapan dalam kehidupan berdemokrasi.

“Harapan saya melalui rakor ini, kita bersama bisa saling berkoordinasi tentang tugas dan fungsi tim Desk pemilu, serta koordinasi rencana kegiatan monitoring pelaksanaan pemilu di Kabupaten Batola. Sehingga akan semakin memantapkan proses penyelenggaraan pemilu, khususnya di Kabupaten Batola," tambahnya.

Dengan harapan hal ini akan berimplikasi pada terwujudnya komitmen para penyelenggara pemilu ditingkat Kabupaten dan Kecamatan, termasuk instansi maupun lembaga terkait terhadap penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

Sekedar diketahui, penetapan dalam acara rapat Koordinasi Tim DESK yaitu pertama melaksanakan koordinasi dalam rangka mendukung segala persiapan untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu di Daerah. Kedua melalukan pemantauan pelaksanaan Pemilu di Daerah. Ketiga menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan – permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu. Keempat memberikan saran kepada penyelesaian permasalahan – permasalahan pelaksanaan Pemilu. Terakhir atau kelima melaporkan informasi kepada Pemerintah mengenai pelaksanaan Pemilu.

Adapun untuk penempatan lokasi Tim DESK VIII diisi oleh Kepala Dinas Kominfo Hery Sasmita,. S. STP. M. AP., Kabag Prokopimda Setda, Camat Tamban, dan Camat Mekarsari di Kecamatan Tamban dan Mekarsari.

Sumber: Kominfo Batola

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال