Ketua Komisi III Minta Fogging Dilakukan di Lingkungan Sekolah

 

WAWANCARA: Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barsel Hermanes - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, KALTENG- Untuk meminimalisir terjangkitnya penyakit Demam Berdarah (DBD), Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Hermanes mengharapkan kepada instansi terkait, yaitu Dinas Kesehatan setempat, untuk melaksanakan fogging atau pengasapan, khususnya di sekolah-sekolah. 

“Fogging perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran nyamuk penyebab demam berdarah yang dapat menyerang para murid dan siswa di sekolah,” katanya, Minggu (25/2/2024). 


Fogging di lingkungan sekolah dimaksudkan, untuk membunuh nyamuk, guna mengantisipasi adanya pelajar terserang DBD yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. 

Bukan hanya di lingkup kota Buntok saja, namun sekolah yang berada di desa-desa juga diharapkan dapat dilakukan fogging.

Seperti diketahui, terdapat beberapa kasus DBD yang sudah menyerang masyarakat, dengan tidak mengenal usia. 

“Kita sarankan agar Dinas Kesehatan bisa melakukan fogging ke sekolah-sekolah, untuk mengantisipasi penularan penyakit DBD tersebut,” harap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Dirinya juga menyararankan untuk fogging ini dapat dilakukan setelah pelajar pulang sekolah atau pada hari Minggu. Sehingga kegiatan tersebut tidak mengganggu aktivitas proses belajar mengajar di sekolah. 

“Tidak hanya di sekolah saja, tetapi juga di lingkungan sekitar tempat tinggal masyarakat, terlebih yang padat penduduk dan berdekatan langsung dengan parit maupun sungai kecil,” ungkapnya. 

Lalu di samping fogging, diharapkan kepada setiap RT maupun lingkungan agar dapat melakukan kerja bakti pembersihan lingkungan, terlebih saluran pembuangan air yang menggenang hingga menjadi sarang nyamuk. 

"Dengan melakukan pembersihan dapat meminimalisir naiknya kasus DBD yang dikhawatirkan akan menyerang anak-anak hingga orang dewasa," tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال