Eksekutif dan Legislatif Lakukan Penandatanganan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2024

SIMBOLIS: Penandatanganan KUA dan PPAS TA 2024 oleh Pemkab dan DPRD Bartim - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar rapat Paripurna dengan agenda penandatanganan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran (TA) 2024, Kamis (26/10/2023) diruang rapat DPRD Bartim.

Penandatanganan tersebut diawali oleh Pj Bupati Bartim Indra Gunawan dan dilanjutkan Ketua DPRD Bartim Nursulistio, Wakil Ketua I Ariantho S Muler dan Depe yang turut disaksikan beberapa anggota dewan serta beberapa kepala OPD.

Pada rapat tersebut, Ketua DPRD Bartim Nursulistio mengapresiasi penyusunan struktur KUA PPAS APBD TA 2024 yang dilakukan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Banggar DPRD, karena nilai di APBD murni kurang lebih Rp1,2 triliun, dan tidak ada defisit, serta surplus Rp2,5 miliar.

“Ini menunjukkan adanya peningkatan dan perencanaan program yang disusun baik,” ucap Nursulistio kepada awak media usai rapat.


Lebih lanjut dikatakan dia, KUA PPAS ini adalah sebuah struktur secara umum, dan pihaknya akan segera tindaklanjuti dengan rapat bersama. Nanti akan dibahas terkait kebijakan umum dan plafon anggarannya.

Politisi dari partai berlambang pohon beringin ini menyebutkan, bahwa pada Jumat (27/10/2023) besok, akan diadakan rapat Banmus untuk penjadwalan dan kegiatan pertama adalah rapat kerja bersama TAPD untuk menyelesaikan APBD 2024.

“Sesuai Undang-undang dan regulasi yang ada, di akhir November 2023 nanti daerah sudah harus mengesahkan APBD 2024. Kami optimistis pembahasan APBD 2024 ini selesai tepat waktu dan disahkan,” jelasnya.

Dirinya juga akui bahwa Pj Bupati Bartim sangat terbuka dan fleksibel dalam menyusun APBD 2024, sehingga itu menjadi sebuah kemudahan.

“Kami juga mensupport apa yang ingin Pj Bupati Bartim rencanakan dalam APBD 2024, meskipun juga adanya untuk penyertaan modal Bank Kalteng, hibah dana Pemilu kepada KPU dan Bawaslu, serta dana pengamanan TNI/Polri untuk Pemilu,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bartim Indra Gunawan menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh anggota DPRD Bartim. Terkhusus kepada seluruh unsur-unsur pimpinan DPRD atas apresiasinya terhadap Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS Tahun Anggaran 2024 Pj Bupati Bartim juga optimis yang telah di tuangkan dalam proyeksi tersebut telah sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

Menurutnya hal tersebut sebuah kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif telah ada kesamaan pandangan dalam menyusun KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2024.

”Melalui kesempatan itu, tentunya menjadi salah satu elemen penting bagi daerah dalam rangka menggerakkan roda pemerintahan. Utamanya bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat di Gumi Jari Janang Kalalawah,” pungkasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال