Tingkatkan Kualitas SDM Tim Humas, Diskominfo Kalsel Gelar Workshop Kehumasan

 

DISKUSI: Workshop kepenulisan yang digelar oleh Diskominfo Kalsel untuk Tim Humas - Foto Dok Arief


BORNEOTREND.COM- Upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kehumasan di Provinsi Kalsel dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel.

Salah satunya adalah dengan menggelar Workshop Kehumasan dengan tema ‘Membangun Narasi Mendatangkan Partisipasi’, Selasa (9/5/2023) lalu di Grand Dafam Hotel, Kota Banjarbaru.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, kreatifitas serta pengetahuan para tenaga humas. Kegiatan ini di ikuti oleh pengelola kehumasan dan pengelola informasi dari seluruh Diskominfo di Provinsi Kalsel," ungkap Kadis Kominfo Kalsel Muslim.


Terdapat dua materi yang disampaikan dalam workshop kali ini, Pertama mengenai tentang profesionalisme dalam produksi berita online (Cepat, Tepat dan Beretika). Lalu kedua adalah pembahasan terkait mengemas berita Pemerintah di era digital.

Salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut, Dr Muzahid Akbar Hayat mengatakan, menjaga etika dalam menulis sebuah pemberitaan perlu diperhatikan oleh masing-masing tenaga humas di Pemerintahan.

“Hati-hati para wartawan internal (tim humas) dalam penulisan di media sosial, jangan sampai berhimpitan dengan instansi, jangan sampai hal itu terjadi,” ingatnya.

Baginya menulis sebuah pemberitaan di media online ibarat seperti mempromosikan sebuah produk di keramaian, dimana menurutnya, Pembaca bisa langsung beralih ke media lainnya yang menurut mereka jauh lebih baik kualitas informasinya.

“Apalagi saat ini kita tahu tidak sedikit media online yang menawarkan berbagai informasi kemudahan akses hanya untuk meningkatkan jumlah pembaca potensi,” tambahnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Dinas Kominfotik Kota Banjarmasin Novri mengatakan workshop itu sangat berguna dalam meningkatkan wawasan para tim humas di Pemko Banjarmasin.

Ia berharap setelah digelarnya kegiatan itu, para Tim Humas Pemko Banjarmasin dapat menyajikan berita yang menarik serta informatif dengan berbagai kreatifitas yang sudah digali melalui kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan bermanfaat bagi semua. Dengan harapan sajian-sajian informasi setelah ini dari Pemko Banjarmasin bisa lebih menarik lagi,” tutupnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال